Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Program Ini Ajak Generasi Muda Kembangkan Kompetensi untuk Jadi Startup Founder

Program StartUP Campus 2021 resmi digelar sebagai wadah inkubator bisnis rintisan nasional di dunia Pendidikan.

Program Ini Ajak Generasi Muda Kembangkan Kompetensi untuk Jadi Startup Founder
ist
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program StartUP Campus 2021 resmi digelar sebagai wadah inkubator bisnis rintisan nasional di dunia Pendidikan.

Program ini mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan potensinya dengan menghasilkan ide startup yang bernilai, bermanfaat, dan layak.

Diinisiasi oleh Achmad Zaky Foundation dan didukung oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), StartUp Campus menjadi bagian dari implementasi Program Kampus Merdeka.

Baca juga: LokalCorn 2021: Kolaborasi Tribunnews x HP Cari Next Unicorn Indonesia, Startup Lokal Yuk Ikutan!

Pembina Achmad Zaky Foundation, Achmad Zaky memaknai StartUP Campus sebagai momentum untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia mendapatkan ilmu dan keterampilan secara langsung di dunia startUp.

Harapannya, dengan banyaknya keterlibatan mahasiswa dan warga kampus di seluruh Indonesia, startup nasional akan terus bertumbuh dan memiliki daya saing tinggi di bidang teknologi digital.

Baca juga: Wajib Catat! Ini 4 Cara Dapat Suntikan Dana buat Startup Kamu

"Melalui StartUp Campus kami ingin mengajak dan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menciptakan inovasi terbaiknya di bisnis rintisan yang berkualitas," kata Zaky dalam Konferensi Pers dan Talkshow Program StartUP Campus bertajuk “Ciptakan Indonesia Unggul lewat Generasi Inovator Digital” di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Indonesia merupakan salah salah satu negara terbanyak yang melahirkan startup-startup terbaik di dunia. Tercatat Indonesia menempati peringkat ke 5 dengan jumlah start up terbanyak yaitu sekitar 2.967 yang dilansir oleh situs startupranking.com.

Zaky menjelaskan StartUp Campus memiliki semangat yang sama dengan Kampus Merdeka Kemendikbudristek, yaitu memberikan kesempatan kepada para akademisi untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan membangun karier dan bisnis di dunia startup.

Zaky juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada sejumlah lembaga yang terlibat dalam program ini seperti Kemendikbudristek, Endevour Indonesia, 500 Startups dan berbagai pihak lainnya yang memungkinkan program StartUp Campus dapat terwujud.

“Kolaborasi dengan berbagai pihak ini merupakan hal yang sangat positif untuk melahirkan lebih banyak lagi talenta digital yang unggul, berkualitas dan tentunya dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat di bidang teknologi. Kemajuan teknologi Indonesia akan sangat bergantung pada ide-ide kreatif yang bisa diwujudkan oleh generasi mudanya.” jelasnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam menyampaikan bahwa StarUp Campus memiliki arti penting bagi para mahasiswa untuk membangun Entrepreneurship. Kreativitas anak muda Indonesia sungguh luar biasa dan harus terus diakselerasi agar bertumbuh dari startup entrepreneur hingga menjadi sociopreneur.

“Pemerintah akan mendukung penuh setiap inisiatif untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki bangsa ini, termasuk melahirkan startup - startup sociopreneur berstandar internasional. Kolaborasi yang ditunjukkan Ahmad Zaky Foundation dan para mitranya merupakan contoh positif bagi anak-anak muda Indonesia,” ucap Nizam.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Partner of 500 Startups Khailee Ng menyampaikan, StartUp Campus merupakan kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa di Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan karya dan inovasi digital.

“Kami ingin program ini dapat mendorong mahasiswa di seluruh Indonesia untuk merintis karir sebagai innovator di dunia start up nasional dengan ide dan inovasi yang orisinil,” ucapnya.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas