Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Satgas Covid-19 Akan Siapkan Aturan untuk Para Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 saat ini sedang melakukan finalisasi aturan perjalanan luar negeri untuk WNA, WNI dan TKI

Satgas Covid-19 Akan Siapkan Aturan untuk Para Pelaku Perjalanan Luar Negeri
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 saat ini sedang melakukan finalisasi aturan perjalanan luar negeri untuk Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI) serta Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam koordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan finalisasi aturan tersebut.

"Kami sedang berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, untuk mengatur perjalanan luar negeri untuk WNA, WNI dan juga TKI," kata Ganip dalam konferensi pers, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Syarat Perjalanan Pakai Mobil Pribadi selama PPKM Darurat, Perlukah Kartu Vaksin?

Selain itu Ia juga menegaskan, nantinya untuk perjalanan luar negeri mengharuskan pelaku perjalanan menunjukan kartu vaksinasi dengan dosis kedua.

"Kemudian kita juga akan mengatur kedatangan pelaku perjalanan luar negeri dengan entry test, pengecekan vaksinasi dan apabila belum divaksin akan kita vaksin setelah hasil tes Covid-19 negatif," ucap Ganip.

Baca juga: PPKM Darurat, Kapolda Metro: Kalau Nekat Bersepeda, Saya Kandangkan Sepedanya

Selanjutnya, setelah itu akan dilakukan karantina selama lima hari dan bila tidak ada gejala serta dinyatakan negatif saat exit test akan dipersilahkan ke tempat tujuannya.

Sebelumnya terkait perjalanan luar negeri ini, mendapat sorotan dari pengamat transportasi yang mempertanyakan mengapa Indonesia masih membuka pintu gerbang penumpang internasional.

Pengamat transportasi Alvin Lie mempertanyakan, mengapa pemerintah hingga saat ini belum menutup pintu gerbang penumpang internasional untuk masuk ke Indonesia.

Baca juga: KPK Wanti-wanti Penyaluran Bansos PPKM Darurat Tak Diselewengkan

Menurutnya, virus Covid-19 ini berasal dari luar negeri dan mengapa Indonesia hingga saat ini menutup pintu masuk internasional untuk penumpang baik itu darat, laut dan udara.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas