Tribun Bisnis

Ritel Milenial Dominasi 70 Persen dari 5,6 Juta Investor Pasar Modal

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan literasi keuangan.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
Ritel Milenial Dominasi 70 Persen dari 5,6 Juta Investor Pasar Modal
ANTARA FOTO/PRASETYO UTOMO
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan literasi keuangan.

Hal tersebut sejalan dengan terus bertambahnya jumlah investor individu yang membeli berbagai instrumen investasi keuangan.

Baca juga: Gubernur BI Buka-bukaan Alasan Peran Investor Ritel Penting di Pasar Keuangan

"Jumlah investor di pasar modal meningkat menjadi 5,60 juta (96 persen year on year/yoy) pada Juni 2021 dan didominasi oleh investor ritel terutama kalangan milenial yang mencapai 70 persen," ujarnya dalam webinar "Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It)" secara virtual, Selasa (3/8/2021).

Menurut Wimboh, literasi keuangan menjadi aspek penting bagi ritel di pasar modal, sehingga dapat melindungi investor dari investasi ilegal.

Baca juga: Rayakan Kemenangan, Grab Indonesia Beri Apresiasi 1 Milliar Bagi Greysia Polii & Apriyani Rahayu

"Kemudian, juga memitigasi investasi yang hanya berorientasi pada keuntungan jangka pendek yang tinggi tanpa mempertimbangkan risiko, aspek legalitas produk, serta aspek kewajaran penawaran," pungkasnya.

Sekadar informasi, webinar "Like It" merupakan series kegiatan literasi yang diinisiasi dengan kolaborasi bersama dan diselenggarakan secara bergantian oleh Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan FKPPPK.

Series literasi ini akan memberikan pemahaman mengenai produk atau investasi di surat berharga negara, produk pasar modal, serta bagaimana mengelola keuangan secara bijak.

Rangkaian kegiatan "Like It" wujud sinergi dan kolaborasi antar otoritas dalam upaya mendorong literasi keuangan, meningkatkan basis investor ritel, dan mengembangkan sektor keuangan Indonesia.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas