Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tetap Raup Untung Jumbo di Masa Pandemi, Bos Erajaya Beberkan Strateginya

Adanya pembatasan kegiatan sosial selama masa pandemic yang menjadikan berkah bagi Erajaya karena kebutuhan akan ponsel dan elektronik lainnya naik

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tetap Raup Untung Jumbo di Masa Pandemi, Bos Erajaya Beberkan Strateginya
Istimewa Erajaya
PT Erajaya Swasembada bekerjasama dengan Bolttech memberikan bonus layanan perbaikan kerusakan dari TecProtec secara gratis selama tiga bulan exclusive untuk setiap pembelian perangkat seluler di jaringan outlet Erajaya Group. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Erajaya Swasembada Tbk (kode saham: ERAA) membeberkan strateginya dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Erajaya, Djohan Sutanto mengatakan, perusahaan langsung bergerak cepat dengan memunculkan berbagai strategi serta inisiatif baru.

“Banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terkena dampak, termasuk perusahaan kami.

Tapi di saat sulit seperti inilah, kekuatan dan kemampuan organisasi Erajaya diuji agar bisa beradaptasi,” jelas Djohan dalam paparannya secara daring, (18/8/2021).

“Jadi di saat pandemi mulai terjadi di tahun lalu, kami telah memunculkan beberapa strategi dan inisiatif baru,” sambungnya.

Baca juga: Jelang Lebaran, Erajaya Gratiskan Layanan Perbaikan Perangkat Seluler Selama 3 Bulan

Beberapa strategi yang dimaksud Djohan seperti menghadirkan layanan mobile shopping, membangun kapabilitas omni-channel dengan memanfaatkan teknologi digital, layanan EraExpress, dan program promosi berbasis online pada platform e-commerce maupun official store di marketplace.

BERITA TERKAIT

Djohan menjelaskan, pada layanan mobile shopping para pelanggan diberikan kemudahan pemesanan melalui Erajaya Interactive Customer Assistant di nomor WhatsApp.

Kemudian untuk Home Delivery Service atau EraXpress, yaitu layanan pengiriman yang dilakukan oleh dalam kurun waktu singkat. Dan tentu saja memberikan kemudahan tanpa perlu keluar rumah.

Dan yang terakhir adalah, omni-channel, yaitu layanan berbasis O2O (online to offline maupun sebaliknya) yang memberikan kebebasan bagi konsumen untuk memesan produk.

Selain dijalankannya strategi tersebut, ada pula faktor yang menguntungkan bisnis Erajaya.

Baca juga: Erajaya Group Resmi Jual Produk Drone Terbaru DJI Air 2S di Jaringan Outlet Seluruh Indonesia

Seperti adanya pembatasan kegiatan sosial selama masa pandemic yang menjadikan berkah bagi Erajaya. 

Sebab, kebutuhan akan ponsel dan elektronik lainnya menjadi meningkat. Terlebih adanya penerapan bekerja dari rumah (WFH) dan juga belajar dari rumah.

Strategi yang diterapkan dalam bisnis, dan adanya faktor pembatasan kegiatan sosial membuat laba Erajaya tercatat sebesar Rp612 miliar di buku tahun 2020.

Angka tersebut tumbuh 107,4 persen dibandingkan tahun 2019, yang sebesar Rp 295,1 miliar.

“Kita bisa lihat pencapaian Erajaya di tahun 2020. Kita berhasil melipatgandakan keuntungan sebesar 107 persen dibandingkan tahun 2019,” papar Djohan

“Ini menunjukkan kalau perubahan strategi dan adaptasi kami berhasil dilakukan,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam rangka hari jadi ke-25, Erajaya Group meluncurkan program promosi ritel dan distribusi berskala nasional terbesar yaitu EraVersary 2021, yang akan berlangsung dari 16 Agustus hingga 31 Oktober 2021.

EraVersary adalah event promo ritel dan distribusi tahunan terbesar yang dihadirkan Erajaya Group untuk memperingati hari jadi-nya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas