Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Investor Pasar Modal 80 Persen Generasi Milenial dan Gen Z, Bagaimana Literasinya?

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, komposisi jumlah investor di pasar modal semakin bergerak ke usia muda sekarang ini.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Investor Pasar Modal 80 Persen Generasi Milenial dan Gen Z, Bagaimana Literasinya?
Tribunnews/Jeprima
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, komposisi jumlah investor di pasar modal semakin bergerak ke usia muda sekarang ini.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, sekira 80 persen investor di pasar modal merupakan milenial dan gen z.

"Adaptasi ke format edukasi digital juga dilakukan dengan cepat sebagai respon atas kondisi pandemi sekaligus sebagai upaya perlindungan investor,” ujarnya, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Daya Beli Masyarakat Belum Pulih, IHSG Diprediksi Tertekan Lagi

Sementara pada 2020 lalu tercatat sudah dilakukan sebanyak 8.997 kegiatan edukasi dan per Juli 2021 telah dilaksanakan 3.991 kegiatan literasi, inklusi, aktivasi, dan pendalaman pasar modal.

"Dilakukan dalam kelas tatap muka serta kelas daring dengan total 600.622 peserta," kata Hasan.

Selain itu, per Agustus 2021 sebanyak 22 perusahaan efek Anggota Bursa (AB) telah menerapkan program simplifikasi pembukaan rekening efek.

Baca juga: Dongkrak Penjualan Produk Artisan Lokal, Kemenparekraf Gelontorkan Stimulus Khusus BBI

BERITA TERKAIT

Sebuah program dirintis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Self Regulatory Organization (SRO) bersama stakeholders pasar modal Indonesia sejak 2018 dan diluncurkan tahun berikutnya di 2019.

Hasan menambahkan, jumlah kerja sama yang terjalin untuk pendirian Galeri Investasi (GI) BEI juga tumbuh secara signifikan.

Per Agustus 2021, terdapat 537 GI BEI dengan 501 di antaranya merupakan kerja sama dengan perguruan tinggi dan 36 lainnya berasal dari non perguruan
tinggi.

“Untuk mendukung pertumbuhan ini, pada 12 Maret 2021 telah diluncurkan konsep baru Galeri Investasi Edukasi BEI dan Galeri Investasi Digital BEI,” pungkas Hasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas