Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

LokalCorn Beri Kesempatan Startup Lokal Dapat Akses Teknologi dan Sumber Dana

Ajang LokalCorn memberi kesempatan startup lokal untuk mendapatkan akses teknologi dan sukber dana.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in LokalCorn Beri Kesempatan Startup Lokal Dapat Akses Teknologi dan Sumber Dana
Tribunnews/Reynas
CEO Tribun Network Dahlan Dahi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang LokalCorn memberi kesempatan startup lokal untuk mendapatkan akses teknologi dan sukber dana.

LokalCorn merupakan hasil kerja sama antara Tribun Network dan HP.

CEO Tribun Network Dahlan Dahi mengatakan, banyak orang berbakat dan memiliki pengaruh agar Indonesia menjadi lebih baik. Di antaranya mereka yang berpartisipasi dalam LokalCorn.

Baca juga: CEO Tribun Network Dahlan Dahi: Startup Lokal Beri Dampak Besar ke Ekonomi

"Untuk mencari potensi-potensi terbaik di setiap daerah di seluruh Indonesia dan membuka kesempatan untuk start up lokal agar mendapatkan akses pada teknologi sumber pendanaan dan talenta," ujar Dahlan.

Hal itu disampaikan dalam virtual Demo Day LokalCorn: Inilah Sang Jawara StartUp Lokal Indonesia!, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Babak Final LokalCorn, Dukung dan Saksikan Startup Jagoanmu Go Nasional di Demo Day!

Menurut Dahlan, LokalCorn adalah ajang pencarian yang berbeda. Berbeda karena mencari startup lokal yang berasal dari seluruh Indonesia. Sebab, ia meyakini bahwa oase Indonesia tidak bisa hanya diwakilkan oleh kota besar saja.

BERITA TERKAIT

"Kami percaya bahwa potensi lokal itu, besar juga unik," ucap Dahlan.

Keunikan itu, ucap Dahlan, lantaran startup lokal bergelut dengan masalah lokal. Sehingga memiliki perspektif lokal dan mencoba menemukan solusi untuk mengatasi masalah lokal.

"Dari perspektif lokal itulah tumbuh startup lokal. Diakselerasi pertumbuhannya untuk menjadi solusi yang melampaui batas-batas lokal menjadi solusi Indonesia bahkan dunia," tuturnya.

Dahlan mengatakan Tribunnews sebagai media hyperlokal terbesar di Indonesia percaya bahwa setiap daerah memiliki talenta, memiliki ide dan solusi bisnis yang kreatif. Lalu, kata dia, HP juga melihat potensi lokal memiliki visi membangun dari lokal komunitas, talenta, maupun pendidikan.

Ilustrasi Startup
Ilustrasi Startup (ist)

"Pertemuan visi itulah yang membuat pencarian startup local terselenggara kami sangat percaya pada startup founder yang bergabung dalam LokalCorn akan memberikan dampak terhadap ekonomi Indonesia dengan ide-ide kreatifnya ditambah juga bimbingan dari pada program yang luar biasa," katanya.

Selama hampir tiga bulan, kata dia, acara LokalCorn sudah menciptakan wadah baru untuk berbagi dan diskusi dari para founder startup yang telah berhasil go nasional dengan founder startup lokal

"Kami percaya startup lokal memiliki impact besar di daerahnya. Sudah waktunya untuk memperbesar bintang ke seluruh Indonesia," imbuh Dahlan.

LokalCorn inisiasi HP dan Tribunnews sudah memasuki babak akhir. Persaingan para startup lokal semakin panas untuk memperebutkan posisi tiga terbaik di kompetisi startup skala nasional ini.

Telah terpilih 10 startup lokal yang berhasil melaju ke babak selanjutnya. Mereka telah sukses memukau para juri melalui presentasi proposal bisnisnya pada Agustus 2021 lalu.

Dan akhirnya, 10 startup tersebut akan kembali unjuk gigi untuk memperebutkan kursi tiga startup terbaik di skala nasional. Mereka adalah Fishlog, Educourse, Taman Siswa, Create It, Lister, Chickin, Algobash, Turnkey ID, SejutaCita, dan Rentique.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas