Tribun Bisnis

Menhub Budi Lega Semua Pihak di Jepang Dukung Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa lega semua pejabat dan eksekutif Jepang yang bertemu dengannya mendukung semua rencana berbagai proyek in

Editor: Johnson Simanjuntak
Menhub Budi Lega Semua Pihak di Jepang Dukung Pembangunan Infrastruktur Indonesia
Richard Susilo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa lega semua pejabat dan eksekutif Jepang yang bertemu dengannya mendukung semua rencana berbagai proyek infrastruktur pembangunan transportasi di Indonesia saat ini dan mendatang.

"Saya bertemu dengan semua pihak baik pemerintah maupun swasta di Jepang dan semuanya mendukung pembangunan yang kini sedang dijalankan Indonesia di bidang infrasturtur mulai pelabuhan dan sebagainya," papar Menhub Budi sore ini (7/9/2021).

Menhub  membahas dan menyepakati agar perusahaan Jepang secepatnya bisa melakukan kegiatan operasi bersama dengan badan usaha pemenang tender di Indonesia yakni PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) secara resmi pada Desember 2021.

Dalam pembentukan konsorsium Jepang-Indonesia dalam pengoperasian car terminal dan container terminal di Pelabuhan Patimban, PT Pelabuhan Patimban Internasional sedang bernegosiasi dengan Toyota Tsusho Corporation untuk memuluskan rencana tersebut.

Selain itu, Menhub juga akan secara khusus mengupayakan kenaikan TKDN Indonesia pada proyek Pelabuhan Patimban yang dikerjasamakan dengan Jepang.

"Ada beberapa yang diselesaikan, saya sudah sampaikan kepada semua pejabat-pejabat di Jepang. Konsorsium di Jepang akan ikuti apa yang disepakati ini kegiatan BtoB sehingga kaidah bisnis akan diikuti. mereka akan memulai Desember ini," tambahnya.

Menhub Budi yang tiba di Jepang Minggu (5/9/2021) dan akan kembali besok Rabu ke Indonesia, bertemu dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, Akaba Kazuyoshi, Penasehat Khusus Perdana Menteri Jepang, Izumi, Wakil Menteri Negara Urusan Luar Negeri Jepang, Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda.

Kemudian, turut hadir pula, dari pihak lembaga keuangan Jepang yaitu Chief Executive Officer (CEO) Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Tadashi Maeda, serta beberapa pihak non-pemerintah Jepang lainnya, guna memastikan percepatan sejumlah proyek pembangunan infrastuktur yang dikerjasamakan kedua negara dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban Heri Purwanto menjelaskan PT PII sebagai badan usaha pemenang dipastikan secara aktif mulai mengelola salah satu pelabuhan terbesar tersebut pada akhir tahun ini 2021. Kewajiban utama yang diemban bagi operator pengelola nantinya adalah untuk mendatangkan arus kapal yang potensial ke Pelabuhan Patimban.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas