Tribun Bisnis

Belajar Ilmu Kepemimpinan Empatif dari Perjalanan Karier Presdir Sun Life Indonesia, Elin Waty

Elin menuturkan, dalam memimpin tim dia menggunakan pendekatan empatif. Dia menyebutnya dengan istilah 'Caring Leadership.' 

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
Belajar Ilmu Kepemimpinan Empatif dari Perjalanan Karier Presdir Sun Life Indonesia, Elin Waty
ist
Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ilmu tentang leadership (kepemimpinan) bisa dipelajari dari bangku kuliah. Tapi tidak semuanya bisa didapat dari sana, terutama menyangkut experience langsung ketika berinteraksi dengan beragam orang dengan beragam karakter.

Dan, inilah tempat menimba ilmu kepemimpinan yang paling mahal. Pengalaman demi pengalaman memimpin orang inilah yang dibagikan oleh Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty lewat sebuah buku berjudul ‘Segelas Kopi dan Segudang Cerita Karier.’

Baca juga: Erick Thohir Inginkan Bursa Indonesia Menjadi Raja di Asia Tenggara

Dalam sesi diskusi virtual membedah materi buku ini dengan media, Elin Waty panjang lebar membeberkan pengalaman memimpin organisasi perusahaan selama ini.

Elin menuturkan, dalam memimpin tim dia menggunakan pendekatan empatif. Dia menyebutnya dengan istilah 'Caring Leadership.'

Baca juga: Kini Beli Asuransi Hingga Urus Visa Schengen Bisa Dilakukan Via Aplikasi di Smartphone

Riset menunjukkan, pemimpin yang memiliki empati berdampak baik pada kinerja, kesehatan, dan budaya empati yang inklusif.

Menerapkan caring leadership menuntut pemimpin untuk lebih peka, dan memahami kondisi tim dengan melihat apa yang terjadi di sekitar.

Ketika seorang pemimpin mampu mengelola dan menjaga keseimbangan pikiran dan perasaan, maka ia akan memberikan banyak manfaat dan menerapkan caring leadership dengan lebih optimal.

Konsep memimpin Caring leadership yang diterapkan Elin mendapat dukungan dari Erwin Parengkuan, Communication Practitioner & Speaking Coach.

“Dalam perusahaan, komunikasi yang terjalin baik antara atasan dan bawahan, serta sesama anggota tim menjadi kunci keefektifan dan produktivitas kerja secara menyeluruh," ujar Erwin.

Baca juga: 300 Proyek Properti Ditawarkan di ajang Mandiri Festival Properti Indonesia 2021

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas