Tribun Bisnis

Pajak Valas Masuk, Cadangan Devisa September Cetak Rekor Lagi

Indonesia kembali mencetak rekor tertinggi nilai cadangan devisa di bulan September 2021.

Editor: Choirul Arifin
Pajak Valas Masuk, Cadangan Devisa September Cetak Rekor Lagi
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Logo Bank Indonesia (BI) pada pagar kompleks perkantoran BI di kawasan Kebon Sirih, Jakart, Senin. (16/12/2013) (TRIBUNNEWS/HERUDIN) 

Laporan Reporter Kontan, Bidara Pink

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia kembali mencetak rekor tertinggi nilai cadangan devisa di bulan September 2021. Data pada Bank Indonesia (BI) menyatakan, cadangan devisa pada akhir September 2021 sebesar US$ 146,9 miliar.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Hariyadi Ramelan menjelaskan, naiknya cadangan devisa pada September 2021 dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa kas negara, serta penerbitan utang luar negeri pemerintah.

“Ini berasal dari penerimaan pajak valuta asing pemerintah dari korporasi domestik sebesar US$ 1,1 miliar. Kemarin juga ada penerimaan valas dari penerbitan global bond senilai US$ 582 juta,” ujar Hariyadi kepada Kontan.co.id, Kamis (7/10).

Hariyadi juga bilang, seiring dengan kenaikan cadangan devisa, nilai tukar rupiah bisa bergerak stabil dan bahkan cenderung menguat.

Baca juga: Rilis Cadangan Devisa Berpotensi Dorong Penguatan IHSG

Hal ini juga didorong oleh perkembangan ekonomi domestik yang mumpuni, karena peningkatan ekspor komoditas. Meski memang, dari faktor eksternal terdapat beberapa risiko yang menghadang.

Baca juga: Cadangan Devisa Indonesia Melonjak, Tembus Rp 2.065 Triliun di Akhir Agustus

Lebih lanjut, bank sentral yakin, posisi cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, setra menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Pasalnya, cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Bahkan, jauh berada di atas standard kecukupan internasional yang sekitar 3 bulan impor.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Cadangan devisa September cetak rekor lagi, ini pendorongnya menurut BI

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas