Tribun Bisnis

Gabungan BUMN Asuransi dan Reasuransi Resmi Bentuk KMP

Dalam kerja sama ini, koasuransi merah putih ini didukung oleh PT Reasuransi Indonesia Utama dan PT Reasuransi Nasional Indonesia.

Editor: Malvyandie Haryadi
Gabungan BUMN Asuransi dan Reasuransi Resmi Bentuk KMP
TRIBUNNEWS.COM/Yanuar Riezqi Yovanda
Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo. Foto diambil sebelum pandemi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmikan kerja sama koasuransi merah putih.

Kerja sama Koasuransi Merah Putih(KMP) merupakan program inisiasi tim percepatan penguatan BUMN klaster asuransi dan dana pensiun yang dibentuk melalui keputusan Menteri BUMN dengan nomor: SK-37/M-BU/02/2021 jo SK-75/M-BU/Wk2/08/2021 di bawah supervisi Wakil Menteri BUMN II, Kartiko Wirjoatmodjo.

Menurut Kartiko, kerja sama koasuransi merah putih ini dilakukan untuk menciptakan mode kolaborasi atau sinergi yang tepat sasaran sehingga mendapatkan keuntungan untuk kedua belah pihak. 

“Kami terus melakukan transformasi secara fundamental di dalam klaster asuransi dan dana pensiun BUMN agar kemudian perusahaan asuransi BUMN tidak hanya menjadi kuat, kompetitif, dan memiliki expertise di industri tetapi juga ditunjang oleh manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang baik," ujar Kartiko dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Senin(11/10/2021).

Baca juga: Erick Thohir Beberkan Kunci Kesuksesan Transformasi BUMN

Di sisi lain lanjutnya menekankan perlunya mitigasi risiko yang tepat untuk mendapatkan pricing polis yang efektif dan tepat antara premi dan klaim.

Koasuransi merah putih beranggotakan perusahaan-perusahaan asuransi BUMN yaitu, PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Asuransi Jasa Raharja Putera dan PT Asuransi Asei.

Dalam kerja sama ini, koasuransi merah putih ini didukung oleh PT Reasuransi Indonesia Utama dan PT Reasuransi Nasional Indonesia.

“Kerja sama dan kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam percepatan dan penguatan bisnis di klaster asuransi dan dana pensiun” kata Ketua Tim Kerja Percepatan Penguatan BUMN Klaster Asuransi dan Dana Pensiun, Roberto Billitea.

Tim tersebut kata Roberto akan mengembangkan inovasi produk dan layanan asuransi dari berbagai line of business (LOB). Menurut Ketua Tim Pengembangan Bisnis Tim Percepatan Penguatan BUMN Klaster Asuransi dan Dana Pensiun, Pantro Pander Silitonga langkah strategis awal koasuransi merah putih ini adalah dengan meluncurkan produk asuransi pengangkutan (cargo).

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas