Tribun Bisnis

KAI Commuter Uji Coba Penggunaan KMT di LRT, MRT dan Transjakarta

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pada masa uji coba ini penggunaan KMT mengikuti aturan masing-masing moda transportasi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
KAI Commuter Uji Coba Penggunaan KMT di LRT, MRT dan Transjakarta
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menaiki kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). KAI Commuter melakukan uji coba terhadap Kartu Multi Trip atau KMT, sebagai alat pembayaran untuk moda transportasi selain Kereta Rel Listrik di Jabodetabek. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KAI Commuter melakukan uji coba terhadap Kartu Multi Trip atau KMT, sebagai alat pembayaran untuk moda transportasi selain Kereta Rel Listrik di Jabodetabek.

Pengujian KMT ini untuk alat pembayaran moda transportasi MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Transjakarta Koridor 1 rute Blok M-Kota.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pada masa uji coba ini penggunaan KMT mengikuti aturan masing-masing moda transportasi.

Kemudian mengenai tarif, lanjut Anne, saldo minimum maupun penalti seluruhnya berlaku sesuai aturan moda transportasi yang digunakan.

"Selain itu, pemilik KMT juga diwajibkan melakukan tap in dan tap out kartu secara sempurna pada setiap moda transportasi," kata Anne, Selasa (12/10/2021).

Anne mengungkapkan, penggunaan KMT ini masih dalam tahap uji coba dan kedepannya akan terus dievaluasi bersama dan diperbaiki jika ditemukan potensi masalah.

Dalam uji coba ini, Anne mengungkapkan, KMT telah terbukti andal sebagai alat pembayaran di transportasi perkotaan yang volume penggunaannya tinggi dan memerlukan kecepatan.

"Dalam ekosistem KRL Jabodetabek di masa sebelum pandemi yang mampu melayani hingga satu juta pengguna per hari, mayoritas pengguna memakai KMT," lanjut Anne.

Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai yang telah beroperasi bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor menggunakan desain yang modern dan standar pelayanan terbaik dengan pemerintah sebagai regulatornya dan KAI Commuter sebagai operator yang melengkapi fasilitas layanan untuk pengguna. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai yang telah beroperasi bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor menggunakan desain yang modern dan standar pelayanan terbaik dengan pemerintah sebagai regulatornya dan KAI Commuter sebagai operator yang melengkapi fasilitas layanan untuk pengguna. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Penggunaan KMT sebagai alat pembayaran saat ini sudah mencapai 62 persen. Ini menjadikan KMT sebagai alat pembayaran yang paling banyak digunakan di KRL.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas