Tribun Bisnis

Kemenkes: Turis Asing Bukan Ancaman Gelombang Ketiga

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menegaskan kemungkinan itu sangat bisa dicegah.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
Kemenkes: Turis Asing Bukan Ancaman Gelombang Ketiga
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menegaskan kemungkinan itu sangat bisa dicegah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelombang ketiga diprediksi akan terjadi setelah pemerintah membuka destinasi Bali dan Kepulauan Riau bagi turis asing.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menegaskan kemungkinan itu sangat bisa dicegah.

Menurutnya, gelombang ketiga tidak terjadi apabila dilakukan pengetatan di pintu masuk kedatangan melalui testing dan skrining.

"Ada beberapa hal untuk mencegah penularan yakni wisatawan asing sudah vaksin lengkap, hasil PCR negatif dan positive rate kurang dari 5 persen," kata Nadia dalam bincang virtual, Jumat (15/10/2021).

Ia menekankan pembukaan wisman ini sudah melewati tahap kajian sehingga angka penularan di Indonesia diharap tidak melonjak.

"Kami ingin wisatawan yang datang dari negara yang pengendalian Covid-19 sangat bagus. Mereka juga harus menunjukkan tanda booking selama di Indonesia," lanjut Nadia.

Wisatawan asing juga harus menjalani masa karantina lima hari sebagai syarat perjalanan.

Nadia menambahkan bahwa pemerintah sangat concern agar penyebaran varian baru tidak terjadi.

"Langkah antisipasi lain kita juga mewajibkan wisatawan menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama mereka melakukan aktivitas di Indonesia," katanya.

Baca juga: COVID-19: Akankah Turis Eropa Kembali ke Asia Tenggara?

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas