Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PHRI Siap Menyambut Turis Asing yang Berwisata ke Indonesia

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan kesiapannya dalam menyambut dibukanya kembali destinasi wisata untuk turis mancanegara

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in PHRI Siap Menyambut Turis Asing yang Berwisata ke Indonesia
Tribun Bali/Rizal Fanany
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terlihat lengang saat resmi dibuka kembali untuk melayani penerbangan internasional, di Badung, Bali, Kamis (14/10/2021). PHRI Siap Menyambut Turis Asing yang Berwisata ke Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan kesiapannya dalam menyambut dibukanya kembali destinasi wisata untuk turis mancanegara di Bali.

Bendara BPD PHRI DKI Jakarta Lisa Sanjoyo mengatakan, bahwa PHRI Jakarta telah siap untuk menerima wisatawan asing dari luar negeri yang masuk ke Jakarta.




"Kami sebetulnya telah mempersiapkan hal tersebut sejak Januari 2021, untuk menerima turis asing dari luar negeri," ucap Lisa dalam wawancara bersama Tribunnews, Jumat (15/10/2021).

Selain itu Lisa juga mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama dengan Satgas Covid-19 di bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi untuk mempersiapkan hotel karantina untuk tamu mancanegara.

"Kami sudah mempersiapkan hotel karantina, untuk tamu asing yang datang ke Jakarta. Saat ini tamu asing, melewat Jakarta untuk menuju ke destinasi wisata di wilayah lain," ucap Lisa.

Biasanya, lanjut Lisa, mereka menginap dua sampai tiga hari sebelum melanjutkan melakukan traveling ke wilayah destinasi wisata seperti Bali atau Yogyakarta.

BERITA TERKAIT

"Hotel-hotel yang menjadi tempat karantina ini, sudah divalidasi oleh KKP dan Satgas Covid-19 serta yang datang juga sudah verified dan terpilih," ujar Lisa.

Lisa juga menjelaskan, bahwa wisata di Jakarta juga cukup banyak mulai dari hutan mangrove dan juga museum dan sebagainya.

Baca juga: Gaet Wisatawan Korsel, Pameran Busana Pengantin Bali Digelar di Museum Multiculture Seoul

"Maka dari itu, kami mempersiapkan kedatangan para wisatawan ini dengan baik mulai dari restoran hingga hotel harus ditangani dengan baik," ucap Lisa.

Sebelumnya Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dari masukan yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan pemangku kepentingan atau stakeholder pariwisata, kondisi ini sudah menunjukkan situasi yang kondusif dan langkah persiapan ini sudah masuk tahap akhir.

Sementara itu, Jokowi menekankan agar seluruh pemangku kepentingan harus mempersiapkan pembukaan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai dengan baik.

Hal ini tentu akan meningkatkan lagi geliat pariwisata dan berdampak positif pada pendapatan di sektor pariwisata.

Mari simak persiapan yang dilakukan PHRI, salah satu stakeholder di sektor pariwisata terkait masuknya wisatawan asing di masa pandemi ini.

Sepanjang bibir Pantai Kuta diberi batas rambu-rambu bendera merah oleh Balawista, Rabu (25/7/2018).
Sepanjang bibir Pantai Kuta diberi batas rambu-rambu bendera merah oleh Balawista, Rabu (25/7/2018). (Tribun Bali/Rino Gale)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas