Tribun Bisnis

Atasi Dampak Pandemi, Menaker Terapkan Program Perluasan Kerja hingga ke Papua & Papua Barat 

Menaker RI Hj Ida Fauziyah mengaku optimis Indonesia akan bangkit dari persoalan ekonomi akibat pandemi berkepanjangan. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Atasi Dampak Pandemi, Menaker Terapkan Program Perluasan Kerja hingga ke Papua & Papua Barat 
ISTIMEWA
Menaker Ida Fauziyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI melakukan intervensi untuk mengatasi persoalan dampak pandemi Covid-19 ditengah masyarakat. Hal itu dilakukan melalui program perluasan kerja bernama Program Tenaga Kerja Mandiri. 

Menaker RI Hj Ida Fauziyah mengaku optimis Indonesia akan bangkit dari persoalan ekonomi akibat pandemi berkepanjangan. 

“Ini langkah taktis dari pemerintah melalui Kemenaker RI sebagai upaya mitigasi dan agar masyarakat bisa survive kemudian kembali basuk ke fase baru dengan kesiapsigapan kita semua," kata Ida, dalam sambutan acara Penyerahan dan Ekspo Tenaga Kerja Mandiri, Jumat (15/10/2021).

Program perluasan kerja, tegas Ida, tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di seluruh provinsi di Tanah Air. 

“Program perluasan kerja dilakukan tidak hanya sentralisasi di Jawa, namun seluruh Provinsi se Indonesia. Termasuk juga memberikan kesempatan juga kepada masyarakat Papua, dan Papua Barat,” kata Ida.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Dukung Pendirian BLK Manokwari Selatan

Adanya intervensi Kemenaker RI dengan pemberian bantuan itu diyakini mampu menurunkan angka kemiskinan di Papua dan Papua Barat. 

“Kami ingin kontribusi secara pasti untuk turunkan kemiskinan di papua barat dan meningkatkan kompetensi masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, Ida sempat mendampingi Wapres KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan di 7 wilayah di Papua mengaku melihat secara langsun bahwa Papua membutuhkan invervensi dari pemerintah.

"Papua butuh percepatan penuntasan persoalan kemiskinan, ini yang kita serap dari kunjungan bersama Wapres,” ungkap Ida.

Terkait gelaran PON XX di Papua, Ida juga berkesempatan menyampaikan apresiasi atas gelaran akbar yang menurutnya terbilang sukses itu. 

“Selamat kepada masyarakat Papua, sangat sukses selenggarakan event yang luar biasa besar, bisa menjadi tuan rumah event olahraga nasional. PON di Papua menunjukan bahwa Indonesia tidak hanya Jawa, Indonesia juga punya Papua yang memiliki fasilitas olahraga yang sangat memadai," ucapnya. 

Hadir juga dalam acara itu, Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja I Nyoman Darmanta yang ikut memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Papua

 “Semoga program ini dapat membantu masyarakat Papua dalam ikhtiar bersama bangkit dari Pandemi,” kata Darmanta. 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas