Tribun Bisnis

Menhub: Sektor Transportasi Berperan Penting dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Menurutnya, sektor transportasi sangat berperan dalam menyediakan akses bagi masyarakat dan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Menhub: Sektor Transportasi Berperan Penting dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan
dephub.go.id
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub: Sektor Transportasi Berperan Penting dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, bahwa sektor transportasi berperan penting dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Menurutnya, sektor transportasi sangat berperan dalam menyediakan akses bagi masyarakat dan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Pembangunan berkelanjutan sendiri, sangat penting untuk memastikan dunia yang lebih baik bagi kita semua dan generasi masa depan," kata Budi Karya, Senin (18/10/2021).

Ia mengungkapkan, di tengah pandemi ini semua negara harus melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan memasukan aspek berkelanjutan dalam agenda pemulihan termasuk pembangunan.

"Indonesia sendiri saat ini, terus melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi dan meningkatkan pelayanan angkutan massal dalam program pembangunan berkelanjutan," ucap Budi Karya.

Pembangunan infrastruktur transportasi dan peningkatan pelayanan angkutan massal yang dilakukan, menurut Budi Karya, pembangunan MRT, LRT, kereta cepat, dan pelabuhan hijau.

Baca juga: Kemenhub Kembali Gelar Program Padat Karya di Cilacap Jawa Tengah

"Pembangunan dilakukan untuk memberikan akses dan konektivitas yang lebih luas, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di daerah terpencil," ujar Budi Karya.

Dalam pembangunan yang dilakukan ini, pemerintah juga memastikan keterlibatan masyarakat lokal dalam proyek pembangunan dan menyediakan lapangan kerja yang akan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional

Indonesia, lanjut Budi Karya, mendukung prakarasa to build back better atau membangun kembali yang lebih baik untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, khususnya di sektor transportasi.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas