Tribun Bisnis

Pengamat: Bank Tak Kembangkan Layanan Digital Bakal Tersingkir

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menyebut layanan digital merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan perbankan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
Pengamat: Bank Tak Kembangkan Layanan Digital Bakal Tersingkir
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah. Pengamat: Bank Tak Kembangkan Layanan Digital Bakal Tersingkir 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menyebut layanan digital merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan perbankan konvensional. 

"Bank-bank yang tidak mampu mengembangkan layanan digital akan kalah bersaing dan tersingkir, termasuk bank-bank konvesional yang sudah terlebih dahulu eksis saat ini," kata Piter saat dihubungi, Senin (18/10/2021).

"Mereka harus mengembangkan layanan digital. Kalau mereka lambat, apalagi tidak mengembangkan layanan digital mereka akan tersingkir," sambung Piter.

Menurutnya, ke depan semua bank akan menjadi bank digital, tetapi yang akan memenangkan persaingan merupakan bank didukung ekosistem kuat dan produknya sesuai kebutuhan masyarakat. 

"Selain itu, modal juga harus kuat dan sumber daya manusia yang handal," ucapnya.

Baca juga: Pangsa Pasar Indonesia di Bisnis Perbankan Syariah Global Baru 2 Persen 

Terkait penerapan pelayanan digital, Piter melihat jumlah pekerja akan lebih terbatas, namun hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. 

"Jadi saya tidak melihat akan terjadi PHK besar-besaran di perbankan. Perubahan di perbankan akan berjalan secara natural, bukan dengan PHK," ucapnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas