Tribun Bisnis

Cara Budidaya atau Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal, Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Cara Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal, Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat ternak ikan air tawar yang berpatil dan badannya licin ini.

Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Wahyu Gilang Putranto
Cara Budidaya atau Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal, Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PETERNAK IKAN LELE - Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele 07 Cimone, Karawaci, Kota Tangerang, sukses dalam membudidayakan ikan lele di masa pandemi ini, Jumat (15/10/2021). Ilustrasi - Cara Budidaya atau Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini cara budi daya ikan lele di kolam terpal.

Lele merupakan ikan air tawar, berpatil, badannya licin, bagian mulutnya bersungut, warna punggungnya hitam (kadang-kadang agak kelabu), bagian perutnya berwarna putih agak kelabu, begitu dalam KBBI.

Apabila dilakukan secara intensif, budi daya ikan lele akan sangat menguntungkan.

Penggunaan kolam terpal untuk budi daya ikan lele bisa menjadi satu alternatif sebagai pemanfaatan pekarangan rumah.

Baca juga: Dorong Ketahanan Pangan, eFishery Kolaborasi dengan Pembudidaya Ikan di Daerah

Baca juga: Kisah Sukses iForte Digitalisasi UMKM: JALA tech di Budidaya Tambak dan Lemonto di Olahan Lemon

PETERNAK IKAN LELE - Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele 07 Cimone, Karawaci, Kota Tangerang, sukses dalam membudidayakan ikan lele di masa pandemi ini, Jumat (15/10/2021). Permintaan ikan lele dari Kutil 07 Cimone ini yang makin terus meningkat, tidak saja di tingkat lokal bahkan dilirik oleh pembeli dari negeri jiran Malaysia. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PETERNAK IKAN LELE - Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele 07 Cimone, Karawaci, Kota Tangerang, sukses dalam membudidayakan ikan lele di masa pandemi ini, Jumat (15/10/2021). Permintaan ikan lele dari Kutil 07 Cimone ini yang makin terus meningkat, tidak saja di tingkat lokal bahkan dilirik oleh pembeli dari negeri jiran Malaysia. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Sebelum melakukan budidaya, kenali dulu syarat hidup ikan lele sebagaimana dikutip dari pertanian.go.id.

Syarat Hidup Ikan Lele

1. Ikan lele dapat hidup pada suhu 20 derajat Celcius dengan suhu optimal antara 25 sampai 28 derajat Celcius.

Untuk pertumbuhan larva diperlukan kisaran suhu antara 26 sampai 30 derajat Celcius dan untuk pemijahan 24-28 derajat Celcius.

2. Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak dan bahan lainnya yang dapat mematikan ikan lele.

3. Ikan lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup walaupun kondisi airnya buruk, keruh, kotor dan hanya mengandung sedikit sekali zat O2 (oksigen).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas