Tribun Bisnis

Erick: Santri Pilar Ekonomi Syariah

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang juga Menteri BUMN Erick Thohir optimistis kualitas santri Indonesia akan mengantarkan

Editor: Hendra Gunawan
Erick: Santri Pilar Ekonomi Syariah
Tangkap layar kanal YouTube KompasTV
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM -- Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang juga Menteri BUMN Erick Thohir optimistis kualitas santri Indonesia akan mengantarkan perekonomian syariah nasional menjadi yang terbesar di dunia.

Menurut Erick, sejarah telah mencatat banyak santri yang kini sukses menjadi profesional maupun pejabat di pemerintahan.

Dengan bekal wawasan dan spiritual yang dimiliki, kata Erick, santri adalah salah satu pilar utama yang mampu menggerakkan semakin bertumbuhnya ekonomi syariah nasional.

"Sesuai dengan target maupun arahan Presiden bahwa ekonomi syariah Indonesia harus menjadi yang terbesar di dunia, maka peran santri sangat besar.

Baca juga: Kinerja Perbankan Syariah Cemerlang saat Pandemi Covid-19

Santri dengan wawasan intelektual maupun spiritual telah terbukti melahirkan kualitas sumber daya yang unggul.

Kita bersama-sama akan terus mendorong terlibatnya santri sebagai motor ekonomi syariah," kata Erick usai menghadap Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Santri dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah, Jumat (22/10/2021).

Untuk itu, MES akan terus bersinergi dengan kalangan pondok pesantren maupun lembaga perekonomian syariah untuk terus mendorong tumbuhnya sektor syariah nasional.

Baca juga: Lembaga Keuangan Syariah Dinilai Bisa Berantas Pinjol Ilegal

Dia yakin kolaborasi dan sinergi antarstakholder itu mampu menjadi pondasi untuk menciptakan ekonomi syariah yang membumi serta inklusif.

"Apa yang disampaikan Presiden tadi merupakan hal yang penting. Bagaimana ekonomi syariah dapat menjadi lokomotif ekonomi yang membumi, menyentuh ekonomi umat, dan menggerakkan perekonomian yang inklusif, serta melahirkan banyak wirausahawan utamanya dari kalangan santri," ujar Erick.

Erick juga optimistis inovasi ekonomi syariah di bidang teknologi akan semakin gencar dengan melibatkan kalangan santri sebagai pelakunya.

Baca juga: Pangsa Pasar Indonesia di Bisnis Perbankan Syariah Global Baru 2 Persen 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas