Tribun Bisnis

Sri Mulyani Ungkap Berkah di Balik Krisis Akibat Pandemi Dibanding 2008 dan 1998

Kementerian Keuangan mengungkapkan sisi lain dari krisis akibat pandemi Covid-19 yakni adanya blessing atau berkah

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
Sri Mulyani Ungkap Berkah di Balik Krisis Akibat Pandemi Dibanding 2008 dan 1998
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Keuangan mengungkapkan sisi lain dari krisis akibat pandemi Covid-19 yakni adanya blessing atau berkah terhadap sektor perbankan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bank-bank relatif tidak kena dampak krisis sekarang, berbeda jika dibanding saat 2008 dan 1998.

"Kalau kita mau bicara tentang blessing-nya bahwa dengan adanya krisis pertama dan kedua (1998 dan 2008) maka waktu yang ketiga (krisis pandemi) ini bank sudah relatif kuat," ujarnya dalam acara peluncuran buku "25 Tahun Kontan: Melintasi 3 Krisis Multidimensi", Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Masyarakat Mulai Melirik Perbankan Syariah, Bos BSI Ungkap Alasannya

Sri Mulyani menjelaskan, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan sudah cukup tebal di masa pandemi.

"Karena tadi kita belajar dari kedua krisis, bank itu (sekarang) CAR-nya tinggi banget, regulasinya cukup sangat terjaga. Bank itu dipelototin sudah cukup banyak (pihak)" katanya.

Eks direktur pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, tidak hanya perbankan di Indonesia mendapat berkah tersebut, melainkan juga di negara-negara lain.

Baca juga: Wamenkeu Suahasil Menyebut Penggunaan EBT Bukanlah Sebuah Pilihan

"Makanya kalau Anda lihat walaupun terjadi krisis ketiga (pandemi) ini, bank seluruh dunia sebetulnya relatively unscathed (tidak terdampak) karena cadangan modalnya cukup tinggi dan mereka cepat sekali melakukan restrukturisasi dari NPL.

Regulatornya sudah ahli seperti OJK mengikuti seluruh dunia, mereka melakukan relaksasi dari apa yang disebut kriteria kredit, itu yang disebut POJK," pungkas Sri Mulyani.

CAR 24,57 Persen

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas