Tribun Bisnis

Tembus Pasar Global, Kemendag Lepas Ekspor Kopi Gayo ke Inggris

pelepasan ekspor ini diharapkan dapat membuat kopi asal Indonesia dikenal lebih luas lagi

Editor: Sanusi
Tembus Pasar Global, Kemendag Lepas Ekspor Kopi Gayo ke Inggris
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI bersama dengan PT Astra International Tbk melakukan pelepasan ekspor satu kontainer Kopi Aceh Gayo Arabica ke Inggris senilai Rp 1,4 miliar yang dikelola oleh Pesantren Darul Mujahadah Al Waliyyah, PT Merador Kopi Berjaya, dan Koperasi Gayo Leuser Antara.

Pelepasan ekspor tersebut berlangsung, Minggu (24/10/2021) di Takengon, Aceh Tengah.

Mewakili Bupati Aceh Tengah, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, serta disaksikan secara virtual oleh Marolop Nainggolan selaku Direktur Direktorat Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Atase Perdagangan Denhag Belanda Sabat Kristian, Atase Perdagangan London Inggris Muhammad  Rizalu Akbar dan Sharon Reyes Executive Producer Coffee Cupping International.

Baca juga: Perusahaan Indonesia Ini Rutin Ekspor Ratusan Trafo Besar ke Selandia Baru Hingga Australia

Pesantren Darul Mujahadah Al Waliyyah, PT Merador Kopi Berjaya, dan Koperasi Gayo Leuser Antara merupakan fasilitator kopi Aceh Gayo Desa Sejahtera Astra (DSA) Takengon yang selama ini bekerja sama membina petani kopi Aceh Gayo.

“Pelepasan ekspor ini merupakan salah satu hasil kerja sama Ditjen PEN Kemendag dan PT Astra International Tbk dalam program Pengembangan Ekspor Produk Unggulan Desa. Dalam kerja sama ini, kami berkomitmen meningkatkan kapasitas ekspor sekitar 755 desa dalam program DSA agar berdaya saing dan mampu berkompetisi di pasar global,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dikutip, Senin (25//10/2021).

Didi menjelaskan, dalam program ini kedua pihak sepakat untuk menciptakan minimal 100 desa yang mampu ekspor secara mandiri dan mendapatkan repeat order dalam kurun waktu kerja sama selama dua tahun.

Baca juga: Bilateral Indonesia-Kawasan Pasifik Bagus, Kemendag: Ekspor Naik 3,9 Persen Setara 2,7 Miliar USD

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menyampaikan, pelepasan ekspor ini diharapkan dapat membuat kopi asal Indonesia dikenal lebih luas lagi. Dimana Inggris merupakan negara tujuan ekspor Indonesia ke-9 dengan nilai ekspor sebesar 15 juta dolar AS.

“Kami berharap, kegiatan pelepasan ekspor ini akan menandai peningkatan nilai ekspor kopi Indonesia, sekaligus membawa Kopi Aceh Gayo menjadi lebih dikenal lagi oleh dunia,” pungkas Marolop.

Penandatanganan Letter of Intent

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas