Tribun Bisnis

Pacific Exposition 2021

Pacific Exposition 2021 Resmi Dibuka Menlu Retno Marsudi

Pacific Exposition 2021 telah dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno LP Marsudi secara virtual pada Rabu (27/10/2021)

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Muhammad Zulfikar
Pacific Exposition 2021 Resmi Dibuka Menlu Retno Marsudi
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Menlu Retno Marsudi membuka Pacific Exposition 2021 secara virtual pada Rabu (27/10/2021)

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pacific Exposition 2021 telah dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno LP Marsudi secara virtual pada Rabu (27/10/2021).

Acara pembukaan secara virtual pagi ini waktu Indonesia atau sore waktu Pasifik diikuti oleh Ketua Delegasi 17 negara Pasifik, perwakilan peserta eksibisi, pejabat pemerintah, anggota parlemen dan media.

Menlu Retno dalam pidatonya menegaskan pentingnya Pasifik bagi Indonesia, setelah kesuksesan Pacific Exposition yang pertama.

“Dua tahun lalu, kami, negara-negara Pasifik, berkumpul di Auckland, Selandia Baru untuk Pameran Pasifik yang pertama. Acara ini sukses besar yang terbesar dan terlengkap dari jenisnya di Pasifik. Ini memamerkan 'potensi sejati negara-negara Pasifik dan memperkuat rasa kebersamaan kita,” kata Menlu RI.

Menlu menyatakan Pacific Exposition mencerminkan komitmen negara-negara Pasifik untuk menempa era baru kemitraan Pasifik.

Kemitraan yang dibangun atas dasar saling menghormati, identitas bersama, dan visi bersama.

Baca juga: Melalui Pacific Exposition 2021, Tantowi Yahya Ingin Tekan Kesenjangan Perdagangan Indonesia-Pasifik

“Dua tahun kemudian komitmen kami semakin kuat. Keterlibatan dengan Pasifik sekarang merupakan elemen penting dari kebijakan luar negeri Indonesia,” ungkapnya.

Keterlibatan itu juga diterjemahkan ke dalam kerja sama konkrit yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dengan wilayah Pasifik.

Indonesia bahkan menunjuk Duta Besar (Dubes) keliling untuk Pasifik, yakni Dubes Tantowi Yahya yang juga Dubes RI untuk Selandia Baru.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas