Tribun Bisnis

Menko Luhut Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di Akhir 2021

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimis perekonomian Indonesia segera pulih

Editor: Muhammad Zulfikar
Menko Luhut Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di Akhir 2021
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Menko Luhut Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di Akhir 2021 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimis perekonomian Indonesia segera pulih dalam waktu dekat.

Di sela menyampaikan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Luhut sempat menyampaikan penjelasan mengenai proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya.

Ia menegaskan, keberhasilan menurunkan kasus Covid-19 dengan cepat dan pembukaan kegiatan masyarakat yang dilakukan secara bertahap mampu menahan perlambatan perekonomian.

“Realisasi pertumbuhan ekonomi pada triwulan III sebesar 3,5 persen, lebih tinggi dari perkiraan awal kami sebelum PPKM diterapkan,” kata Luhut saat konferensi pers terkait evaluasi PPKM, Senin (9/11/2021).

Lebih lanjut, Luhut optimis ekonomi Indonesia akan segera melejit pada akhir tahun 2021 ini, bahkan diproyeksikan melebihi angka pertumbuhan 5 persen.

“Kami memperkirakan pemulihan ekonomi ini baru sepenuhnya akan terlihat pada triwulan IV, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat lebih tinggi dari 5 persen pada triwulan IV nanti,” tandasnya.

Karena itu, ia menegaskan bahwa momentum pemulihan ekonomi yang sudah cukup baik mestinya harus terus dijaga.

Baca juga: Bantu Pemulihan Ekonomi, Belasan Desainer Ikut Fashion Show di Bali

Waspada lonjakan kasus akibat Nataru

Kendati demikian, Luhut tetap mengingatkan untuk belajar pada pengalaman sebelumnya mengenai kenaikan kasus akibat periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun lalu.

Hal tersebut menyebabkan tingkat keyakinan konsumen menurun dan pertumbuhan ekonomi triwulan I 2021 tertahan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas