Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pasca Implementasi Single System, Pengamat BUMN: Pengembangan Bisnis Digital BSI Semakin Kuat

Bank Syariah Indonesia, dinilai semakin berkembang dan menguat setelah implementasi single system pada 1 November lalu.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Pasca Implementasi Single System, Pengamat BUMN: Pengembangan Bisnis Digital BSI Semakin Kuat
Tribunnews/Herudin
Teller Bank Syariah Indonesia (BSI) melayani nasabah di Kantor Cabang BSI, di Jakarta Selatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisnis digital PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI, dinilai semakin berkembang dan menguat setelah implementasi single system pada 1 November lalu.

Pengamat BUMN dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Toto Pranoto memprediksi BSI bakal memiliki kinerja yang kuat dan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia pada masa mendatang.

Baca juga: CARA Mudah Cek Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji BSU Rp 1 Juta Secara Online

Menurutnya, diberlakukannya single system oleh BSI menjadi momentum transformasi untuk menjawab potensi pengembangan bisnis digital.

Menurut Toto, pasca rampungnya proses migrasi dan integrasi jaringan, BSI akan dapat mengeksplorasi potensi bisnis digital secara lebih agresif.

"Memang digital banking ini adalah potensi yang sangat besar. Dengan integrasi, Bank BSI akan mampu membuat operasional mudah, cepat, dan menyediakan banyak fitur baik transaksi, tabungan, dan pembiayaan," jelas Toto, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: BTN Melayani Program KPR Bersubsidi 2021, Simak Syarat, Kelengkapan Dokumen, Serta Cara Mendaftarnya

Sebagai informasi, BSI resmi melayani nasabah dengan single system awal bulan lalu, sekaligus menandai tahap akhir dari proses migrasi nasabah serta awal baru bagi dunia perbankan syariah di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Dengan demikian, seluruh produk yang ada di tiga bank legacy dapat dilayani seluruhnya dalam satu sistem BSI.

Selain itu, BSI kini memiliki satu core banking system, satu enterprise data, satu sandi kode bank di 451, dan satu pelaporan keuangan dengan nama Bank Syariah Indonesia.

Toto kembali mengungkapkan, Indonesia memiliki penduduk muslim sangat besar, yang sekitar 229 juta jiwa atau sekitar 87,2 persen dari total populasi.

Menurut Toto, masyarakat muslim ini banyak yang sudah mempertimbangkan produk keuangan syariah sebagai salah satu sarana untuk menyempurnakan ibadah.

Dengan potensi tersebut, BSI memiliki ruang pertumbuhan bisnis yang sangat besar.

Toto merinci produk digital yang potensinya besar utamanya adalah transaksi baik untuk keperluan sehari-hari maupun keperluan sosial keagamaan seperti zakat, infak, sedekah dan wakaf atau Ziswaf.

"Terlebih penduduk kelas menengah Indonesia juga tumbuh, sehingga kebutuhannya terhadap produk keuangan dengan basis digital semakin meningkat," imbuhnya.

Di luar itu, penghimpunan dana tabungan masyarakat dengan akad syariah pun akan dapat lebih kuat lagi dengan layanan digital.

"Selanjutnya tentu untuk pembiayaan syariah yang mana prosesnya akan lebih cepat dan mudah bagi nasabah. Tentunya lebih prudensial dengan pengelolaan big data lebih kuat," pungkas Toto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas