Tribun Bisnis

Aliran Gas Bumi Bertambah ke 23.570 SR di Pasuruan dan Probolinggo

Kementerian ESDM kembali melaksanakan pengaliran gas perdana (gas-in) di wilayah Pasuruan dan Probolinggo dengan total 23.570 sambungan rumah (SR).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Aliran Gas Bumi Bertambah ke 23.570 SR di Pasuruan dan Probolinggo
Twitter
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian ESDM kembali melaksanakan pengaliran gas perdana (gas-in) di wilayah Pasuruan dan Probolinggo dengan total 23.570 sambungan rumah (SR).

PT PGN Tbk (PGAS) sebagai Subholding Gas Pertamina mengoptimalkan dalam melaksanakan mandat dari pemerintah untuk membangun dan mengelola jargas di Pasuruan dan Probolinggo.

PGN Area Head Pasuruan Heri Frastiono menjelaskan, pengaliran gas perdana ini mendukung program pemerintah dalam program bauran energi. 

Menurutnya, tersedianya jargas merupakan bentuk ketersediaan pilihan sumber energi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Pasuruan dan Probolinggo. 

“PGN Area Pasuruan merupakan bagian dari PGN Sales & Operation Region III (SOR III) yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Papua Barat, dengan keseluruhan Panjang pipa 1.246 km,” kata Heri, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Kejar Target EBT, PGN Konversi Gas untuk Transisi Menuju Energi Terbarukan

Di seluruh SOR III, jumlah pelanggan rumah tangga (city gas) adalah sebanyak 98.568 sambungan rumah dengan volume 1,54 BBTUD, pelanggan komersial dan industri 566 pelanggan (123.82 BBTUD), dan 2 Pelanggan Korporat (17.26 BBTUD).

Baca juga: Pengusaha Keluhkan Sulitnya Pasok Produk Lokal ke Industri Hulu Migas

Heri memaparkan, pelaksanaan pengaliran gas bumi ke rumah tangga dilakukan secara bertahap dan mempertimbangkan kesiapan infrastruktur. 

Sehingga pelaksanaan gas-in perdana di Kota Pasuruan dilaksanakan pada 27 Agustus 2021, Kabupaten Pasuruan pada 29 Oktober 2021, Kota Probolinggo pada 08 November 2021 dan Kabupaten Probolinggo pada 28 September 2021.

Baca juga: Pemerintah Diminta Tegas dan Serius Jalankan Aturan TKDN di Industri Migas

Di Kota Pasuruan dialirkan gas bumi melalui 7 Regulator Station kepada 10 Kelurahan (Tembokrejo, Sekargadung, Purutrejo, Wirogunan, Bakalan, Bugul Kidul, Krampyangan, Petamanan, Kandangsapi dan Pekuncen) di 3 Kecamatan (Purworejo, Bugul Kidul dan Panggungrejo) dengan total 7.003 SR.

Sedangkan di Kabupaten Pasuruan dialirkan gas bumi melalui 8 Regulator Station kepada 5 Kelurahan di 2 Kecamatan (Purwosari dan Sukorejo) dengan total 5.750 SR.

Di Kota Probolinggo, gas bumi telah dialirkan melalui 5 Regulator Station kepada 4 Kelurahan (Pilang, Ketapang, Triwung Lor dan Triwung Kidul) di Kecamatan Kademangan dengan total 5.080 SR. 

Sedangkan Kabupaten Probolinggo mengalir gas bumi melalui 7 Regulator Station kepada 6 Kelurahan (Tongas Kulon,Curah Tulis, Tanjung Rejo, Tambakrejo, Pabean, Kedungdalem dan Kalirejo) di 2 Kecamatan (Tongas dan Dringu) dengan total 5.737 SR.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas