Tribun Bisnis

WSBK di Sirkuit Mandalika Resmi Dimulai, Ajang Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi

Mandalika International Street Circuit menjadi magnet luar biasa bagi Indonesia. Terutama memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in WSBK di Sirkuit Mandalika Resmi Dimulai, Ajang Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Jalan Bypass Bandara Lombok ke Mandalika (Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden) Jumat (12/11/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang balap bergengsi World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini, Jumat (19/11/2021) 2021 dibuka.

Sebagai tuan rumah, Mandalika International Street Circuit menjadi magnet luar biasa bagi Indonesia. Terutama memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui kawasan Mandalika masuk 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) menjadi salah satu program prioritas pemerintah pada 2021.

Presiden menetapkan Mandalika sebagai tuan rumah dalam berbagai penyelenggaraan event internasional, di antaranya World SuperBike (WSBK) 2021, MotoGP 2022, dan L’Etape Indonesia by Tour de France (2022).

Untuk mendukung itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ikut serta dengan mendorong penguatan ekonomi bersama di destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus
(KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk warga setempat.

“Destinasi pariwisata Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program strategis nasional dapat menumbuhkan ekonomi kreatif warga lokal,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Hasil FP2 WSBK di Sirkuit Mandalika - Toprak Dominan, Jonathan Rea Mulai Tebar Ancaman

Ia mengatakan, program tersebut diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif untuk menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan, terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi,” katanya.

Usman Kansong juga menjelaskan, Kemkominfo sangat mendukung pelaksanaan WSBK dan berupaya memastikan jaringan internet yang lancar dengan menyiapkan infrastruktur komunikasi yang memadai untuk kenyamanan acara tersebut.

Perekonomian NTB Terdongkrak Berkat Ajang Balap WSBK 2021

Seri terakhir 2021 ajang balap bergengsi World Superbike (WSBK) menjadi multiplier effect bagi perekonomian di Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Salah satunya dengan meningkat tajamnya okupansi hotel dan penginapan.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah jelang berlangsungnya WSBK di Mandalika International Street Circuit.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas