Tribun Bisnis

World Superbike

Sandiaga Uno: Omzet Sewa Transportasi dan Okupansi Hotel Meningkat Saat World Superbike

Gelaran World Superbike 2021 di Mandalika pada 19-21 November lalu, berdampak positif terhadap perekonomian di sektor pariwisata

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Sandiaga Uno: Omzet Sewa Transportasi dan Okupansi Hotel Meningkat Saat World Superbike
dok.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sandiaga Uno: Omzet Sewa Transportasi dan Okupansi Hotel Meningkat Saat World Superbike 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelaran World Superbike 2021 di Mandalika pada 19-21 November lalu, berdampak positif terhadap perekonomian di sektor pariwisata, di antaranya pada sewa transportasi dan tingkat okupansi hotel yang meningkat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berujar perhelatan balap motor internasional tersebut, meningkatkan perekonomian sektor Parekraf di Nusa Tenggara Barat, khususnya di desa penyokong Mandalika.

Pelaku pariwisata di Lombok pada bidang penyewaan jasa transportasi menyampaikan bahwa biasanya mereka mendapatkan omzet Rp 10-15 juta per bulan.

 
"Namun memasuki awal bulan November hingga tanggal 23 kemarin, mencapai hampir Rp 70 juta," ucap Sandiaga saat Weekly Press Briefing, Senin (29/11/2021).

Sandiaga Uno menerangkan, sektor akomodasi, event WSBK telah meningkatkan okupansi hotel rata-rata mencapai 95%. Okupansi kamar mengalami kenaikan signifikan menjelang maupun selama WSBK berlangsung. 

"Sebelum WSBK, okupansi rata-rata 15% namun adanya event WSBK menjadi sekitar 95%. Sementara untuk omzet sendiri biasanya sebelum WSBK mencapai 15% namun setelah WSBK mencapai 85%," tutur Sandiaga. 

Selain kedua bidang tersebut, event WSBK telah menciptakan peluang emas bagi UMKM lokal. Menurut Sandiaga, UMKM yang menjual makanan dan minuman merupakan salah satu UMKM yang paling merasakan manfaat ekonomi dari penyelenggaraan event ini.

Baca juga: Sandiaga: Perlu Bergerak Cepat dan Inovatif-Kreatif untuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia

"Usai gelaran WSBK berlangsung 19-21 November lalu, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyatakan memperoleh tambahan PAD yang berasal dari pajak hiburan sebesar 15%, pajak parkir 30% serta pajak restoran dan hotel 15%," ucap Sandiaga. 

Selain itu, World Superbike dan Asia Talent Cup tersebut merekrut 1.475 tenaga kerja dari NTB, termasuk penduduk dari enam desa penyangga di sekitar Mandalika. 

"Mereka bertugas sebagai marshal, COVID-19 safety, kru medis, kru event, crowd control, dokumentasi, kebersihan, tiket, transportasi, sampai pengelola sampah," imbuh Sandiaga.


Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas