Tribun Bisnis

Prediksi Saham Mana Saja yang Bakal 'Kinclong' Tahun Depan

Tahun 2021 segera berakhir, pada 2022 mendatang ada sejumlah sektor dan saham diprediksi bakal bersinar.

Editor: Hendra Gunawan
Prediksi Saham Mana Saja yang Bakal 'Kinclong' Tahun Depan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tahun 2021 segera berakhir, pada 2022 mendatang ada sejumlah sektor dan saham diprediksi bakal bersinar.

Prospek saham tersebut bakalan 'kinclong' atau mengilau dan jadi incaran para investor.

Kepala Riset FAC Sekuritas Indonesia Wisnu Prambudi Wibowo mengatakan, salah satu sektor yang menarik adalah sektor consumer non-cyclical atawa barang konsumsi primer, dalam hal ini adalah subsektor plantation alias perkebunan.

Sektor barang konsumsi primer

Sejumlah sentimen diyakini bakal mendorong kinerja sektor ini. Pertama, adanya penurunan produksi dari Malaysia, yang merupakan salah satu produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) terbesar di dunia.

Kedua, peningkatan konsumsi biofuel, yang ditandai dengan mulai adanya transisi B30 ke B40. Ini bisa mendorong harga CPO.

Baca juga: Sempat Menghijau, IHSG Hari Ini Anjlok 74,36 poin ke 6.533,93

Ketiga, adanya wacana penghentian ekspor CPO dan mendorong hilirisasi oleh pemerintah Indonesia. Indonesia sebagai produsen terbesar bisa mengerek harga CPO, karena permintaan sebenarnya masih tinggi.

Saham pilihan di sektor ini antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Sektor barang konsumsi nonprimer

Sektor consumer cyclical atau sektor barang konsumsi nonprimer dengan subsektor broadcasting. Sentimen di sektor ini adalah adanya shifting dan meningkatnya penggunaan layanan streaming over the top (OTT).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas