Tribun Bisnis

Adopsi Teknologi Jadi Kunci Ekspansi Sektor Jasa

Menurut Devi Ariyani sektor jasa berkontribusi 55 persen dari PDB sehingga peran sektor jasa dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah sentral

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
Adopsi Teknologi Jadi Kunci Ekspansi Sektor Jasa
ISTIMEWA
Ilustrasi teknologi. Adopsi Teknologi Jadi Kunci Ekspansi Sektor Jasa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor jasa mengalami kontraksi sebesar 1,77 persen pada 2020.

Direktur Eksekutif Indonesia Services Dialogue (ISD) Devi Ariyani menuturkan hal itu terjadi akibat situasi pandemi Covid-19.

“Saat ini masih berlangsung tiga fase kondisi sektor jasa, yakni terdampak pandemi, pemulihan, dan ekspansi,” kata Devi, Kamis (2/12/2021).

Menurut Devi Ariyani sektor jasa berkontribusi 55 persen dari PDB sehingga peran sektor jasa dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah sentral. 

“Tiap sektor yang berbeda memiliki kondisi yang berbeda pula. Dalam hal ini, pengaruh perkembangan dan penerapan teknologi informasi menjadi sangat besar,” urainya.

Devi menjelaskan, ada tiga hal penting terkait penerapan teknologi informasi di masa pandemi Covid-19 ini. 

Pertama, hadirnya perkembangan teknologi membuka peluang sektor jasa untuk meningkatkan transaksi bisnis seperti halnya jasa kesehatan dan pendidikan. 

Kedua, inovasi dan adopsi teknologi di berbagai bidang jasa perlu dilakukan karena akan mendorong pertumbuhan dan ekspansi.

Baca juga: Realisasikan Making Indonesia 4.0, Ini Dia 16 Industri Lokal Pencetus Teknologi

Ketiga, perlu investasi untuk penerapan teknologi informasi yang berkembang untuk memudahkan akses, meningkatkan kualitas, meningkatkan daya saing, dan efisiensi berusaha.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas