Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Fermented Mother Liquor (FML) Diklaim Bisa Jadi Alternatif Nutrisi Pakan Ternak

Produk ini merupakan bahan baku yang mengandung protein dan senyawa asam amino bebas tinggi untuk kemudian dicampurkan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Fermented Mother Liquor (FML) Diklaim Bisa Jadi Alternatif Nutrisi Pakan Ternak
Ajinomoto Indonesia
Memanfaatkan sisa proses pembuatan Monosodium Glutamat (MSG) untuk menghasilkan produk-produk samping (By Product) yang dapat digunakan kembali, PT Ajinomoto Indonesia berinovasi dengan membuat produk alternatif tambahan nutrisi pakan ternak, yaitu Fermented Mother Liquor (FML). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memanfaatkan sisa proses pembuatan Monosodium Glutamat (MSG) untuk menghasilkan produk-produk samping (By Product) yang dapat digunakan kembali, PT Ajinomoto Indonesia berinovasi dengan membuat produk alternatif tambahan nutrisi pakan ternak, yaitu Fermented Mother Liquor (FML).

Produk ini merupakan bahan baku yang mengandung protein dan senyawa asam amino bebas tinggi untuk kemudian dicampurkan ke dalam pakan ternak.

Baca juga: Usai Kecelakaan, Bambang Soesatyo Mengaku Tetap Merasa Senang: Pengalaman Berkesan Tak Terlupakan




Factory Manager sekaligus Direktur PT Ajinomoto Indonesia Yudho Koesbandryo, mengatakan aktivitas pengolahan produk samping (By Product) sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, dimana PT Ajinomoto Indonesia mulai melakukan pengolahan yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle.

"Seperti yang kita ketahui, bahan baku utama produksi MSG adalah gula yang difermentasi, yaitu tetes tebu, tepung tapioka dan lain sebagainya. Dari proses produksi tersebut akan menghasilkan produk samping yang kemudian dapat diolah menjadi produk dan memiliki nilai jual (Co Product), dalam hal ini menghasilkan Fermented Mother Liquor (FML)," jelas Yudho melalui keterangan resmi, Kamis (2/12/2021).

FML merupakan cairan yang berasal dari hasil pengolahan produk samping (By Product) dari proses produksi Monosodium Glutamat (MSG).

Baca juga: Anggota Komisi I Sebut Revisi UU ITE Merupakan Respon Pemerintah terhadap Keresahan Masyarakat

Mengandung crude protein lebih dari 20 persen, FML bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan budi daya ternak sekaligus ikan.

BERITA TERKAIT

Selain mempunyai kandungan utama protein, FML juga mengandung 3-5 persen asam amino dan mineral yang berkualitas tinggi.

Cairan FML ini berwarna coklat kehitaman, serta memiliki aroma khas yang dapat merangsang organ pencernaan untuk meningkatkan fungsi tertentu dan bermanfaat bagi tubuh hewan ternak, serta meningkatkan nafsu makan ternak sapi, unggas maupun ikan.

Pemberian FML pada ransum dapat meningkatkan laju pertumbuhan mikroba rumen sehingga akan meningkatkan proses cerna serat ransum dan pasokan asam amino yang dibutuhkan.

Biasanya banyak digunakan pada ternak usus panjang, seperti sapi dan domba.

FML adalah alternatif bahan pakan ternak yang berkualitas karena tidak ada penambahan material lain dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Penampakan Kemacetan di Puncak Minggu (14/11) Sore, Antrean 10 Km Meski Sudah One Way Arah Jakarta

Hal ini tentunya menjadi strategi yang baik dalam pemeliharaan dan meningkatkan produksi hewan ternak.

FML didistribusikan menggunakan truk tangki secara langsung ke pabrik pakan ternak, produsen silase, dan juga ke konsumen pengguna (peternak).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas