Tribun Bisnis

Sutopo Kristanto Ramaikan Bursa Waketum di Kongres XXII PII, Berikut Profilnya

Sutopo Kristanto maju di kontestasi calon Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Kongres XXII PII di Bali, 16-18 Desember 2021.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Sutopo Kristanto Ramaikan Bursa Waketum di Kongres XXII PII, Berikut Profilnya
IST
Sutopo Kristanto maju di kontestasi calon Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Kongres XXII PII di Bali, 16-18 Desember 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kontestasi di Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Bali pada 16-18 Desember 2021 mendatang semakin meriah.Kongres XXII PII itu digelar untuk memilih Calon Wakil Ketua Umum PII mendampingi Ketua Umum PII.

Sejak pendaftaran calon ketua umum ditutup pada senin 22 November 2021, tercatat sudah ada 6 orang kandidat Wakil Ketua Umum PII yang mendaftarkan diri melalui panitia pemilihan.

Dari keenam nama tersebut yang menarik adalah munculnya nama Ir Sutopo Kristanto MM IPU, dalam bursa Waketum PII periode 2021-2024.

Sebagai tokoh senior di PII, dia memiliki sejumlah jabatan penting antara lain Direktur PT Pembangunan Jaya, Direktur Utama PT Jakarta Tollroad Development, Direktur Utama PT JTD Jaya Pratama dan Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Infrastruktur.

Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (IKA ITS) itu mengusung tagline ‘KolaborAksi PII Untuk Indonesia Maju 2045”.

“Saya hendak mewujudkan visi PII sebagai pendorong kemandirian bangsa, agen perubahan dan pembangunan, serta value enabler melalui kontribusi aktif profesionalisme sumber daya keinsinyuran berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia menuju Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, adil dan makmur,” ujarnya dalam keterangan pers pemaparan “Visi dan Misi Pencalonan” tersebut di Kantor Pusat PII, Jl Halimun Raya, Jakarta, Minggu (5/11/2021).

Baca juga: PII Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Untuk melaksanakan visi tersebut, Magister Manajemen IBII Jakarta itu mempunyai tiga misi yaitu menyelenggaraan keisinyuran yang handal dan profesional, yang mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna dan hasil guna, memberikan perlindungan kepada masyarakat, serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Baca juga: Menteri LHK: Para Sarjana Kehutanan Segera Gabung PII

Dia juga ingin meningkatkan penguasaan dan pengembangan IPTEK melalui pendidikan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan riset, percepatan penambahan jumlah insiyur yang sejajar dengan negara berteknologi maju, peningkatan minat pada pendidikan teknik dan pendidikan mutu insinyur profesional.

Baca juga: Pentingnya Audit Teknologi Produk Inovasi, IATI Jalin Kerja Sama Dengan PII

Untuk itu, peraih penghargaan Menteri Pekerjaan Umum RI atas pencapaian percepatan pembangunan Jalan Tol Cawang Priok itu akan mengutamakan lima nilai dasar yang harus dimiliki oleh insan insinyur yaitu Integritas, Komitmen dan Kompeten, Persahabatan, Profesionalisme, dan Entrepreneur.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas