Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengamat Nilai Kebijakan Erick Thohir Soal Krakatau Steel Sudah Sesuai Arahan Presiden

Ibarat bapak kepada anak, kata Varhan, Erick memberikan prediksi negatif itu justru agar manajemen PT KS segera bertindak secara rasional dan optimis.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pengamat Nilai Kebijakan Erick Thohir Soal Krakatau Steel Sudah Sesuai Arahan Presiden
Tribunnews/Herudin
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat birokrasi Varhan Abdul Azis menilai semua kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir terkait Krakatau Steel sebenarnya sudah seusuai dengan kehendak Presiden Joko Widodo untuk menyehatkan perusahaan-perusahaan negara yang selama ini kerap menjadi sapi perahan hingga membuat kinerja mereka tidak sehat.

Oleh karena itu, menurutnya, tidaklah elok seorang bawahan menteri yang kebetulan dipercaya mengawasi salah satu perusahaan subholding BUMN menantang Menteri BUMN secara terbuka di ruang publik berkaitan dengan kebijakan perusahaan milik negara.

Seharusnya, kalau ia memiliki gagasan, hal itu bisa dilakukan secara tertutup dan terbatas. 




Demikian pernyataan ini disampaikan mengomentari seputar pernyataan Komisaris PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI), Roy Maningkas, terhadap Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Andre Rosiade Dukung Langkah Erick Thohir Selamatkan Krakatau Steel dari Kebangkrutan

Menurut Varhan, pernyataan Menteri BUMN Erick di hadapan Komisi VI DPR RI tentang kemungkinan bangkrutnya PT Krakatau Steel (Persero) Tbk justru merupakan keprihatinan seorang menteri BUMN terhadap kondisi perusahaan negara yang berada di bawah asuhannya.

Ibarat bapak kepada anak, kata Varhan, Erick memberikan prediksi negatif itu justru agar manajemen PT KS segera bertindak secara rasional dan optimis.

“Itu maksudnya agar manajemen PT KS segera mencari cara terbaik untuk tetap tegak berdiri dan kembali menjadi kebanggaan warga negeri,” kata Varhan.

BERITA TERKAIT

Masih menurut Varhan, sebagai Menteri BUMN, Erick tentu memiliki data yang valid yang mendasari keprihatinannya hingga keluar pernyataan tersebut.

Sebelumnnya, Komisaris Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) Roy Maningkas menantang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk bertaruh Rp1 miliar jika Krakatau Steel tak bangkrut.

Baca juga: Yakin Tak Bangkrut Bulan Ini, Komisaris Krakatau Tantang Erick Thohir Taruhan Rp 1 Miliar

Permintaan itu terkait pernyataan Erick setelah Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI Kamis lalu (2/12/2021) di beberapa media yang mengatakan bahwa Krakatau Steel akan bangkrut pada 31 Desember 2021 ini jika tidak melakukan sejumlah langkah-langkah yang disampaikan oleh menteri BUMN.

Salah satunya menjual subholding Krakatau Steel yaitu PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

"Sebagai komisaris subholding KSI, saya meminta menteri BUMN untuk bertaruh Rp1 miliar. Jika KS (Krakatau Steel) Bangkrut bulan ini, saya akan bayar pak menteri (Erick Thohir). Sebaliknya jika KS tetap bertahan tanpa melakukan yang diminta pak menteri, uang Rp1 miliar itu akan saya sumbangkan ke kaum Dhuafa," tegas Roy melalui keterangannya yang dikutip dari Kontan, Senin (6/12/2021).

Roy mengatakan, Krakatau Steel memang dalam kondisi sulit. Tetapi manajemen telah berbuat yang terbaik dan sekarang kondisinya sudah mulai membaik.

Sebagai aset strategis, seharusnya Krakatau Steel diperlakukan dengan strategis pula.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas