Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KargoNexus Siapkan Software Logistik untuk Maksimalkan Efisiensi Bisnis

Platform ini menyediakan solusi end-to-end untuk pengelolaan aktivitas rantai pasok dan logistik, mulai dari manajemen pengiriman barang first mid

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in KargoNexus Siapkan Software Logistik untuk Maksimalkan Efisiensi Bisnis
ist
Kargo Tech, platform online penyedia solusi logistik di Indonesia, baru saja memperkenalkan KargoNexus, solusi perangkat lunak di bidang logistik untuk membantu efisiensi dan percepatan bisnis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kargo Tech, platform online penyedia solusi logistik di Indonesia, baru saja memperkenalkan KargoNexus, solusi perangkat lunak di bidang logistik untuk membantu efisiensi dan percepatan bisnis.

Platform ini menyediakan solusi end-to-end untuk pengelolaan aktivitas rantai pasok dan logistik, mulai dari manajemen pengiriman barang first mid hingga last mile delivery, pemilihan vendor/transporter, pemantauan pengiriman, hingga analisis performa berbasis data secara digital melalui pemanfaatan teknologi.




Brian Aditya Tedjasaputra, Head of Product dan Enterprise Solutions Kargo Tech, Sabtu (18/12/2021) mengatakan, KargoNexus menyediakan akses monitoring pengiriman barang secara seamless dan terintegrasi, baik untuk shipper, transporter, dan driver.

Baca juga: Rantai Pasok dan Logistik Terjaga Jadi Momentum Bangkitnya Ekonomi Bali

Masing-masing dapat mengontrol dan memberikan laporan selama proses pengiriman barang berlangsung.

Fitur unggulan tersebut adalah Order Management (Sistem pemesanan mudah untuk setiap pengiriman bahkan dalam jumlah besar), Private Marketplace (Fleksibilitas mengelompokkan vendor yang dikontrak sesuai kebutuhan), Private Bidding (Algoritma efektif untuk mendapatkan harga terbaik).

Kemudian, fitur Shipment Track and Trace (Visibilitas pengiriman lebih baik di setiap perjalanan), Electronic Proof of Delivery (Peningkatan efisien dengan bukti pengiriman digital), dan Analytics Dashboard (Analisis data otomatis untuk meningkatkan produktivitas).

BERITA TERKAIT

Berdasarkan data Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) pada tahun 2021 mencatat jumlah pengiriman barang menunjukkan pertumbuhan hingga 40% selama pandemi. Sementara itu dari data e-conomy yang dirilis Bain dan Google, terdapat 20 juta konsumen digital baru sejak awal pandemi tahun 2020 hingga semester I-2021. 

Melihat data tersebut, peran logistik sebagai layanan kebutuhan dasar menempatkan peran strategisnya dalam pengembangan kekuatan ekonomi digital.

Meski demikian, digitalisasi juga membawa kompleksitas pada pengelolaan data logistik dan pengiriman barang secara cepat dalam skala besar selama pandemi. 

Ironisnya, belum semua perusahaan menggelar aktivitas logistik mereka dengan memanfaatkan teknologi, melainkan secara manual.

Untuk menghadapi tantangan ini, perusahaan memerlukan solusi teknologi tepat yang menyeluruh agar dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam logistik melalui transformasi digitalisasi, dengan harapan agar perusahaan bisa lebih fokus dalam mempercepat perputaran roda bisnisnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo Kirim 50 relawan dan Bantuan Logistik Senilai Rp 934 Juta

Melihat situasi tersebut, KargoNexus, sebagai salah satu produk dari Kargo Tech hadir sebagai solusi pengelolaan logistik yang andal dan terpercaya di Indonesia, hadir untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan digitalisasi sistem logistik dan rantai pasok di perusahaan.

“Ini penting bagi perusahaan untuk segera mengadopsi aplikasi logistic. Mengapa? Karena, pertama perusahaan yang sudah memiliki pengiriman barang skala besar pasti butuh visibilitas yang jelas untuk rantai pasok mereka," ungkap Brian Aditya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas