Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penghargaan PIKKC ITB Jadi Momentum Perbaikan Tata Kelola Kota

Tahun 2021 ada peluncuran kanal Ngobrol Kota sebagai sarana publikasi informasi dan transformasi digital kota hingga perilisan hasil riset.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Penghargaan PIKKC ITB Jadi Momentum Perbaikan Tata Kelola Kota
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim ahli peneliti Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas - Institut Teknologi Bandung (PIKKC ITB) Arry Akhmad Arman menuturkan pemberian penghargaan kepada kota-kota di Indonesia memberi dampak positif.

Ia berharap kota-kota di Indonesia dapat terus berkolaborasi, berinovasi, dan bersinergi dalam menghadapi tantangan dinamika tata kelola kota serta digitalisasi ke depan.

"Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan pemicu bagi kota-kota untuk terus semangat inovasi. Tujuannya agar peningkatan kualitas hidup diharapkan dapat cepat terwujud," kata Arry dalam acara penutupan Riset Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia (RTDI - RKCI), Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Pensiunan ASN di Empat Kota Dapat Alokasi Bedah Rumah Rp 90 Juta Per Unit

Menurutnya, penutupan kegiatan RTDI - RKCI tahun ini berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2021 ada peluncuran kanal Ngobrol Kota sebagai sarana publikasi informasi dan transformasi digital kota hingga perilisan hasil riset.

Dalam catatannya ada 72 kota yang berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini, yang beberapa di antaranya berhak menerima penghargaan.

BERITA TERKAIT

Kategori Kota dengan kesiapan Digital terbaik diraih Semarang, Medan, Surabaya, Tangerang, Bogor untuk kelompok Kota Besar.

Untuk kelompok Kota Sedang diraih Pontianak, Surakarta, Pekanbaru, Madiun, dan Samarinda.

Sementara untuk kelompok Kota Kecil, penghargaan disabet Tual, Magelang, Tidore, Mojokerto, dan Langsa.

Baca juga: Berawal Duduk Temui Massa Demo Balai Kota, Gubernur Anies Tak Ingkar Janji Perjuangkan Nasib Buruh

Sedangkan untuk kategori utama penghargaan pada Riset Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 yaitu Kota Menuju Cerdas yang diraih oleh Semarang, Surabaya, Bogor, Bandung dan Tangerang untuk kelompok Kota Besar.

Surakarta, Balikpapan, Yogyakarta, Kediri dan Denpasar untuk kelompok Kota Sedang. Bontang, Bukittinggi, Pariaman, Magelang dan Padang Panjang untuk kelompok Kota Kecil.

"Ada juga kategori penghargaan khusus yaitu Kota dengan Ekonomi Cerdas, kategori Kota dengan Masyarakat Cerdas, kategori Kota dengan Lingkungan Cerdas, kategori Kota dengan Mobilitas Cerdas, kategori Kota dengan Kesehatan Cerdas, kategori Kota Tangguh, kategori Kota perhatian terhadap perubahan iklim, dan kategori Kota dengan Energi Cerdas," tuturnya.

Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB, Prof Suhono Harso Supangkat menuturkan kegiatan RTDI - RKCI dari tahun ke tahun terus diperbaiki.

Baca juga: Melihat Koleksi Mobil Kuno Inggris di Museum Wakui Kota Kazo Saitama Jepang

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas