Tribun Bisnis

Kaleidoskop 2021

Abdee ‘Slank’, Said Aqil Siroj, Hingga Jenderal Dudung Jadi Komisaris di BUMN

Keputusan Menteri BUMN Erick Thohir kerap dipertanyakan oleh publik ketika menunjuk nama-nama baru yang mengisi kursi komisaris BUMN.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Abdee ‘Slank’, Said Aqil Siroj, Hingga Jenderal Dudung Jadi Komisaris di BUMN
Tangkap Layar KompasTV
Menteri BUMN Erick Thohir 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kerap melakukan bongkar-pasang jajaran dewan komisaris dan direksi di perusahaan-perusahaan pelat merah yang berada di bawah kendalinya.

Keputusan Menteri BUMN Erick Thohir kerap dipertanyakan oleh publik ketika menunjuk nama-nama baru yang mengisi kursi komisaris BUMN.

Lalu, siapa saja nama-nama pejabat atau publik figur yang masuk ke dalam jajaran Dewan Komisaris dan menjadi perbincangan publik? Berikut daftar yang dirangkum oleh Tribunnews.

1. Said Aqil Siroj dan Riza Primadi (PT KAI)

Kementerian BUMN pada Maret lalu merombak susunan Direksi dan Komisaris PT kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI. Dalam hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada saat itu, KH Said Aqil Siradj ditunjuk sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Sebelumnya, posisi Komisaris Utama PT KAI dijabat oleh Jusman Syafii Djamal.

Selain itu, dalam perombakan tersebut juga ditunjuk Riza Primadi yang seorang konsultan komunikasi untuk menduduki posisi Komisaris Independen.

Riza Primadi pernah menjadi staf khusus Menteri BUMN Rini Soemarno. Selain itu, Riza juga pernah menjadi pelatih debat Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca juga: KSAD Dudung Abdurachman Ditunjuk Erick Thohir Jadi Komisaris Utama PT Pindad

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) hari ini menyetujui Bambang Permadi Brodjonegoro menjadi komisaris utama perseroan.

2. Bambang Brodjonegoro, Abdi Negara, dan Arya Sinulingga (PT Telkom Indonesia)

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Mei lalu menyetujui Bambang Permadi Brodjonegoro menjadi komisaris utama perseroan.

Baca juga: Usai Dicopot dari Dirut PLN, Kini Zulkifli Zaini Jadi Komisaris Utama PTPN III

Selain eks Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional ini, ada juga gitaris Slank Abdi Negara Nurdin dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di posisi komisaris baru Telkom.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membeberkan, alasan Erick memilih Abdee untuk memperkuat konten yang diproduksi oleh Telkom.

Baca juga: Wika Beton Rombak Pengurus, Harno Trimadi Jadi Komisaris Gantikan Heru Wisnu

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas