Tribun Bisnis

Pengamat Transportasi Dukung Kenaikan Tarif KRL

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai, bahwa usulan kenaikan tarif Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter seharusnya tidak menjadi masalah

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Pengamat Transportasi Dukung Kenaikan Tarif KRL
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menaiki kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Pengamat Transportasi Dukung Kenaikan Tarif KRL 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai, bahwa usulan kenaikan tarif Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter seharusnya tidak menjadi masalah.

Menurut Djoko, menurut kajian dari Badan Penelitian Kementerian Perhubungan responden tidak merasa keberatan terkait kenaikan tarif KRL.

"Tarif KRL ini memang sudah lama sekali belum ada kenaikan, dan saat ini sepertinya tidak menjadi masalah," ucap Djoko saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Anggota Komisi V DPR: Kenaikan Tarif KRL Tambah Derita Masyarakat di Tengah Sulitnya Cari Kerja

Ia juga menjelaskan, saat ini sudah ada perbaikan terkait layanan yang diberikan pemerintah untuk angkutan KRL dan sudah dinikmati oleh para pengguna.

"Salah satu fasilitas yaitu perbaikan di beberapa stasiun seperti Manggarai, Jatinegara dan stasiun lainnya. Fasilitas tersebut diantaranya adanya eskalator, lift dan juga fasilitas untuk penyandang disabilitas," ucap Djoko.

Jadi, lanjut Djoko, terkait kenaikan tarif KRL ini tidak masalah di masyarakat karena dengan adanya fasilitas yang sudah dihadirkan.

Sebelumnya KAI Commuter menyebutkan bahwa kenaikan tarif KRL Commuter Line masih dalam tahap kajian.

VP Corporate Secretary KAI Commuter mengatakan, bahwa saat ini tarif KRL masih sama dan belum berubah karena mengenai usulan tersebut masih dalam kajian.

Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai yang telah beroperasi bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor menggunakan desain yang modern dan standar pelayanan terbaik dengan pemerintah sebagai regulatornya dan KAI Commuter sebagai operator yang melengkapi fasilitas layanan untuk pengguna. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai yang telah beroperasi bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor menggunakan desain yang modern dan standar pelayanan terbaik dengan pemerintah sebagai regulatornya dan KAI Commuter sebagai operator yang melengkapi fasilitas layanan untuk pengguna. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Kami juga melakukan focus group discussion dengan para penumpang KRL, komunitas dan pengamat kebijakan publik terkait usulan kenaikan tarif tersebut," ucap Anne.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas