Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sebelum Berobat ke Amerika, Arifin Panigoro Sempat Opname 10 Hari di RS Harapan Kita

Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto mengaku sempat bertemu Arifin Panigoro sebelum berangkat berobat ke Amerika Serikat.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sebelum Berobat ke Amerika, Arifin Panigoro Sempat Opname 10 Hari di RS Harapan Kita
Wartakota/Henry Lopulalan
Arifin Panigoro saat menghadiri pelantikan dirinya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Almarhum Arifin Panigoro sempat dirawat selama beberapa hari di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, sebelum kemudian dirawat di sebuah rumah sakit Mayo Clinic di Rochester, Amerika Serikat.

Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto mengaku sempat bertemu Arifin Panigoro sebelum berangkat berobat ke Amerika Serikat.




Sidarto bercerita, sempat heran mengetahui koleganya itu tak kunjung masuk kerja sebagai Wantimpres. Ia menerima kabar bahwa Arifin dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita.

"Waktu itu, saya telepon beliau mempertanyakan kenapa tidak masuk kantor. Beliau ternyata 10 hari dirawat di (RS) Harapan Kita," ujar Sidarto kepada Tribunnews, Senin (28/2/2022).

Sidarto kemudian menjenguk Arifin. Dua hari sebelum Arifin berangkat ke Mayo Clinic, Rochester Amerika Serikat (AS) untuk perawatan lebih lanjut.

"Dua hari sebelum berangkat. Saya ke rumah beliau. Waktu itu saya doakan beliau. Dia orang baik, kita doakan di tempatkan sebaik-baiknya," tutur Sidarto.

Baca juga: Keluarga Besar Masih Tunggu Kedatangan Jenazah Arifin Panigoro dari Amerika Serikat

BERITA TERKAIT

Sidarto mengaku memiliki sejumlah kenangan bersama Arifin. Yang tak terlupakan, saat Sidarto berulang tahun ke-80. Ia merayakannya di gedung milik Arifin. Dan mendapat traktiran dari sosok pemilik PT Medco Energy Internasional Tbk tersebut.

Baca juga: Rumah Duka Arifin Panigoro Banjir Karangan Bunga dari Relasi dan Tokoh

"Ya saya ingat waktu saya ulang tahun ke-80 atau lima tahun lalu, dia membiayai gedung energi building, dan seluruh makanan, minuman untuk tamu dibiayain semua. Beliau orang yang sangat generous (dermawan). Waktu Pemilihan Gubernur Jokowi-Ahok banyak bantu relawan," kata Sidarto.

Baca juga: Pengusaha Arifin Panigoro Berpulang, Keluarga: Mohon Maafkan Segala Kekhilafan Beliau

Selain itu, ucap Sidarto, ia dan Arifin juga bersama-sama masuk PDI Perjuangan pada 1998.

"Lalu 1999 sama-sama almarhum di DPR. Dia Ketua Fraksi saat awal reformasi menang telak. Lalu bertemu lagi di Wantimpres. Baru dua tahun beliau, berpulang, kita berbela sungkawa kehilangan seorang tokoh yang merakyat, pintar, dan sangat penolong teman-temannya," ujarnya.

Baca juga: Jadi Raja Minyak, Nama Arifin Panigoro Pernah Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Arifin Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun. Rencananya jenazah Arifin akan disemayamkan di rumah duka di Griya Jenggala, Jalan Jenggala 1, Jakarta Selatan. Sampai saat ini, belum ada konfirmasi kepastian terkait waktu dan tempat pemakaman almarhum.

Arifin Panigoro yang merupakan pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk memulai usaha dengan mengakuisisi Tesoro di Kalimantan Timur. Tesoro sendiri bukan lah nama daerah, melainkan nama perusahaan yang menjalankan produksi minyak bumi sebelum Medco.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas