Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hari Raya Nyepi, Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Dihentikan Selama 24 Jam

sebanyak 115 penerbangan dari dan menuju I Gusti Ngurah Rai akan dihentikan sementara selama pelaksanaan nyepi

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Hari Raya Nyepi, Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Dihentikan Selama 24 Jam
Tribun Bali/Rizal Fanany
Hari Raya Nyepi, Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Dihentikan Selama 24 Jam 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) menghentikan sementara operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali selama 24 jam selama Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis (3/3/2022).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dari data yang diterima sebanyak 115 penerbangan dari dan menuju I Gusti Ngurah Rai akan dihentikan sementara selama pelaksanaan nyepi.




"Selama 24 jam Bandara I Gusti Ngurah Rai akan berhenti beroperasi sementara untuk menghormati pelaksanaan ibadah Hari Raya Nyepi yang akan dilaksanakan oleh umat Hindu Bali," ujar Faik.

Baca juga: ASDP Tutup Sementara Layanan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk saat Hari Raya Nyepi

Faik juga mengungkapkan, telah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait utamanya dengan maskapai penerbangan untuk tidak melakukan penjualan tiket penerbangan rute dari dan menuju Bali selama Hari Raya Nyepi.

Penghentian operasional bandara ini didasarkan melalui diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAM) Nomor A0031/22 yang berisi pemberitahuan kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia terkait penghentian sementara operasional penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai selama Hari Raya Nyepi.

"Namun demikian, kami tetap menyiagakan personel di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mengantisipasi jika ada penerbangan yang bersifat darurat, seperti emergency landing dan medical evacuation," kata Faik.

BERITA TERKAIT

Dari data yang diperoleh, bahwa sebanyak 58 penerbangan kedatangan dan 57 penerbangan keberangkatan akan berhenti beroperasi sementara selama 24 jam.

Baca juga: Libur Nyepi, Jumlah Penumpang KA Jarak Jauh Masih Normal

Penerbangan dari maskapai Lion Air paling banyak terdampak dari penghentian operasional penerbangan selama Nyepi, yaitu mencapai 29 penerbangan, dengan rincian 15 penerbangan menuju Bali dan 14 penerbangan berangkat dari Bali.

Maskapai Citilink dan Wings Air berurutan di urutan kedua dan ketiga, masing-masing dengan 22 dan 21 penerbangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas