Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bandara Juanda Surabaya Kembali Layani Penerbangan Langsung untuk Jemaah Umrah

Dirut PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dalam penerbangan perdana untuk jemaah umrah Bandara Juanda Surabaya memberangkatkan 366 penumpang

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Bandara Juanda Surabaya Kembali Layani Penerbangan Langsung untuk Jemaah Umrah
Kontan
ilustrasi jemaah umrah. Bandara Juanda Surabaya Kembali Layani Penerbangan Langsung untuk Jemaah Umrah 

Laporan wartawan Tribunnews, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mengkonfirmasi bahwa Bandara Juanda Surabaya saat ini sudah melayani penerbangan langsung untuk jemaah umrah.

Layanan penerbangan langsung untuk jemaah umrah ini kembali diaktifkan setelah selama dua tahun tidak beroperasi, akibat pembatasan perjalanan di masa pandemi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dalam penerbangan perdana untuk jemaah umrah Bandara Juanda Surabaya memberangkatkan 366 penumpang menuju Bandara Internasional Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Baca juga: Saudi Hapus Karantina dan PCR, Pimpian DPR Minta Pemerintah RI Sesuaikan Biaya Haji dan Umrah

"Kami sebagai operator Bandara Juanda Surabaya, menyambut baik pembukaan kembali penerbangan langsung dari maskapai Lion Air untuk rute Surabaya-Madinah," ucap Faik Fahmi, Selasa (15/3/2022).

Terkait penerbangan langsung ke Madinah, lanjut Faik, Angkasa Pura I bersama stakeholders terkait telah melakukan serangkaian persiapan untuk memastikan kelancaran operasional bagi penerbangan khusus umrah dari Bandara Juanda Surabaya.

General Manager Bandara Juanda Surabaya Sisyani Jaffar menyebutkan, Untuk mengantisipasi kepadatan arus penumpang, pihaknya telah mempersiapkan Terminal 2 sebagai area keberangkatan khusus bagi jemaah umrah sehingga tidak bercampur dengan operasional penerbangan domestik di Terminal 1.

BERITA TERKAIT

Sisyani menjelaskan, sebanyak 366 penumpang jemaah umrah calon yang diberangkatkan telah memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan yang berlaku seperti telah dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) & telah memiliki International Certificate Vaccination (ICV) Meningitis serta Sertifikat Vaksin COVID-19.

Baca juga: Arab Saudi Cabut Aturan Karantina, Kemenag Minta Travel Umrah Tak Lengah Awasi Jemaahnya

"Kami juga telah melakukan langkah proaktif dengan mengimbau kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) atau agen travel untuk memastikan agar para jamaah telah memenuhi segala persyaratan sesuai regulasi terkait Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) termasuk memastikan setiap jamaah telah memiliki aplikasi PeduliLindungi guna kenyamanan dan ketertiban bersama," kata Sisyani.

Selain Lion Air, maskapai Garuda Indonesia juga direncanakan akan melayani penerbangan perdana langsung untuk jemaah umrah di Bandara Juanda Surabaya ke Madinah pada Selasa, 15 Maret 2022.  

 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas