Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tak Hanya untuk Pariwisata, Ini Tujuan Digelarnya MotoGP di Mandalika

Kementerian Pariwisata memaparkan apa saja tujuan diselenggarakannya ajang balap motor internasional, MotoGP 2022 di Mandalika.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Hanya untuk Pariwisata, Ini Tujuan Digelarnya MotoGP di Mandalika
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah penonton berjalan usai menyaksikan hari kedua MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Hari kedua MotoGP Mandalika mulai disaksikan ribuan penonton yang datang dari Lombok dan berbagai daerah di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata memaparkan apa saja tujuan diselenggarakannya ajang balap motor internasional, MotoGP 2022 di Mandalika.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa menerangkan kawasan Mandalika merupakan satu di antara 5 Destinasi Super Prioritas.

Karena itu, perlu lompatan untuk menunjang hal tersebut. Hingga akhirnya memutuskan untuk membangun Sirkuit Mandalika sebagai penunjang Sport Tourism atau wisata berbasis olahraga.

"Yang diharapkan meningkatkan perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Lombok. Sehingga segmen market ke Lombok akan menjadi beragam," ujar Rizki saat diskusi daring, Sabtu (19/3/2022).

Menurut Rizki, Mandalika pun berkembang dari perhotelan, restoran, dan diharapkan ke depan berkaitan dengan otomotif, misalnya pabrik motor. Namun, tetap mengutamakan industri ramah lingkungan.

Perhelatan MotoGP juga akan menjadi 'wajah' Indonesia dalam menyelenggarakan acara berskala internasional.

BERITA TERKAIT

"Kalau event ini berjalan lancar, kita bisa menunjukan profesionalisme dan keramahtamahan Indonesia. Ini brand Indonesia untuk international event akan naik. Bahwa kita mampu menyelenggarakan event bertaraf internasional," tutur Rizki.

Rizki menuturkan, adanya Sirkuit Mandalika 'memantik' pembangunan infrastruktur lain di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia mencontohkan rumah sakit.

Jika nantinya, dibangun rumah sakit bertaraf internasional, maka Lombok bisa jadi destinasi kesehatan di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas