Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Event MotoGP 2022 di Mandalika Tingkatkan Jumlah Penumpang di Bandara Lombok Hingga Tiga Kali Lipat

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memprediksi adanya lonjakan penumpang yang akan

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Event MotoGP 2022 di Mandalika Tingkatkan Jumlah Penumpang di Bandara Lombok Hingga Tiga Kali Lipat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Penumpang pesawat setibanya di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memperkirakan adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Lombok hingga 5 kali lipat seiring dengan gelaran MotoGP Mandalika 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat pada periode 18-20 Maret 2022 dari dan menuju Bandara Lombok karena adanya gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memprediksi adanya lonjakan penumpang yang akan terjadi di Bandara Lombok.

"Kami telah memprediksi, penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Lombok selama tiga hari terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu sekitar tiga kali lipat dari hari biasanya" kata Adita, Senin (22/3/2022).

Baca juga: MotoGP Mandalika Sukses Digelar, Wagub DKI Berharap Ajang Formula E di Jakarta Bisa Lebih Sukses

Adita memaparkan, berdasarkan data dari Angkasa Pura I tercatat pergerakan penumpang di Bandara Lombok mencapai 13.115 orang dengan rincian 6.243 orang yang datang dan 6.872 orang yang berangkat dari Bandara Lombok.

"Sebelumnya, penumpang hanya berkisar antara 3.500 sampai 4.000 orang per harinya baik berangkat maupun datang," ucap Adita.

Kemudian, pergerakan pesawat tercatat mencapai 120 pergerakan pada Minggu kemarin, dengan mayoritas rute penerbangan dari dan menuju Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

Baca juga: Patung Jokowi Naik Motor Di Mandalika Tempat Favorit Berfoto Usai MotoGP Mandalika

BERITA TERKAIT

"Pada hari ini yaitu 21 Maret 2022, diprediksi masih terjadi peningkatan jumlah penumpang di Bandara Lombok yaitu mencapai 14 ribu orang dengan pergerakan pesawat mencapai 136 pergerakan," ucap Adita.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Adita mengungkapkan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan maskapai, pengelola bandara dan pemangku kepentingan terkait untuk menyiapkan slot penerbangan baik itu extra flight, charter flight, maupun positioning flight.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas