Tribun Bisnis

Mudik Lebaran 2022

Pastikan Pemudik Sudah Divaksin, Kemenhub Akan Melakukan Random Checking

Kemenhub akan melakukan random checking atau pemeriksaan secara acak untuk masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
zoom-in Pastikan Pemudik Sudah Divaksin, Kemenhub Akan Melakukan Random Checking
Tangkap Layar Kompas Tv
Jubir Kementerian Perhubungan Adita Irawati 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan random checking atau pemeriksaan secara acak untuk masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Meski begitu random checking yang dilakukan Kemenhub saat ini bukan untuk melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan, tetapi lebih mengutamakan pemeriksaan terhadap pemudik yang belum melakukan vaksinasi.

Baca juga: Mahfud MD: Pemerintah Sedang Siapkan Pengamanan Mudik Lebaran

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, random checking ini khususnya untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat dan roda dua.

“Tujuan adanya random checking ini, untuk memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sudah mendapatkan vaksin,” ucap Adita, Minggu (10/4/2022).

Ia juga menjelaskan, tujuan lain dari random checking ini juga untuk membangun vaksinasi untuk masyarakat yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub, Tujuan Jateng dan Jabar

“Vaksinasi ini tentunya untuk memproteksi pemudik yang akan bertemu keluarga di kampung halaman. Mereka pastinya akan bertemu orang lansia yang memiliki potensi komorbid, maka dari itu protokol kesehatan sangat penting,” ujar Adita.

Adita juga mengungkapkan, Kemenhub akan menyediakan layanan vaksinasi untuk pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat dan roda dua.

“Layanan vaksinasi ini akan dihadirkan di beberapa ruas jalan utama yang dilalui oleh pemudik,” ucap Adita.

Tidak ada penyekatan

Kemenhub menegaskan tidak ada penyekatan saat periode angkutan lebaran 2022.

Adita Irawati mengatakan, pihaknya memastikan tidak adanya penyekatan untuk pemudik yang memang belum memenuhi syarat melakukan perjalanan seperti mendapatkan vaksin kedua atau booster.

“Kami tidak akan melakukan penyekatan, tetapi lebih menyiapkan fasilitas pelayanan untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sebagai syarat perjalanan,” ucap Adita.

Ia juga mengungkapkan, tetapi vaksin yang disediakan di fasilitas ini terbatas. Jadi, masyarakat sebaiknya mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas