Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Sebut Harga BBM-nya Selalu Lebih Murah Dibandingkan SPBU Lain

Vice President Corporate Communications Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penyesuaian harga Pertamax ini masih jauh di bawah harga keekonomiannya

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pertamina Sebut Harga BBM-nya Selalu Lebih Murah Dibandingkan SPBU Lain
Kompas.com
SPBU Pertamina. Pertamina Sebut Harga BBM-nya Selalu Lebih Murah Dibandingkan SPBU Lain 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Ron 92 atau Pertamax kini menjadi Rp12.500 hingga Rp13.000 per liter, dari yang sebelumnya Rp9.000an per  liter.

Meski demikian, PT Pertamina (Persero) menyebut bahwa pihaknya bersama Pemerintah terus menjaga daya beli masyarakat agar perekonomian tetap tumbuh.

Vice President Corporate Communications Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penyesuaian harga Pertamax ini masih jauh di bawah harga keekonomiannya yang sekitar Rp16.000 per liter.

Baca juga: UPDATE Harga Pertamax Hari Ini, Sabtu 9 April 2022 di SPBU Seluruh Indonesia

Dengan penyesuaian menjadi Rp12.500 per liter, maka Pertamina masih menanggung selisih harga jual Pertamax sebesar Rp3.500 per liter.

“Pertamina menyadari, di tengah kondisi global saat ini, tetap harus menjadi katalisator dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Fajriyah dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/4/2022).

“Salah satunya dengan menjaga keseimbangan antara daya beli masyarakat dan memastikan kemampuan keuangan perusahaan dalam rangka menjamin suplai BBM kepada seluruh masyarakat sampai ke pelosok negeri,” sambungnya.

BERITA TERKAIT

Lanjut Fajriyah, secara historis, selama ini pun harga BBM Pertamina selalu kompetitif atau selalu lebih rendah dibanding SPBU lain yang beroperasi di Indonesia.

“Kita bandingkan ketika harga Pertamax (RON 92) dilakukan penyesuaian, maka harga BBM sejenis yang dijual SPBU lain harganya jauh di atas Pertamina, bahkan sampai lebih dari Rp16.000 per liter,” ujarnya.

Perbedaan harga juga terlihat untuk BBM Non Subsidi jenis Pertamax Turbo (RON 98).

Harga di SPBU Pertamina Rp14.500 per liter sementara SPBU lainnya ada yang menjual dengan harga Rp18.040 per liter.

Selain dari sisi harga BBM yang kompetitif, secara timing pun penyesuaian harga BBM yang dilakukan Pertamina biasanya paling akhir.

Padahal, sambung Fajriyah, operator SPBU lainnya sudah sejak beberapa bulan sebelumnya melakukan beberapa kali penyesuaian harga.

Baca juga: Tanggapi Kenaikan Pertamax, Dirut Pertamina Sebut BBM Pertamina Termasuk Termurah

Karena sebagai BUMN, Pertamina harus memperhitungkan penyesuaian harga BBM dengan matang dan penuh pertimbangan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas