Tribun

Saat Pandemi, Hunian Tepi Laut Bisa Jadi Pilihan Konsumen

Situasi pandemi selama lebih dari dua tahun ini membuat perubahan tatanan hidup dalam masyarakat.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
zoom-in Saat Pandemi, Hunian Tepi Laut Bisa Jadi Pilihan Konsumen
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Situasi pandemi selama lebih dari dua tahun ini membuat perubahan tatanan hidup dalam masyarakat.

Konsep rumah tidak hanya sebagai hunian tapi juga menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk bekerja dan bersekolah dari rumah.

Beberapa perusahaan di Jakarta, memberlakukan pola kerja work from home lebih dari 50 persen menjadi permanen, karena terbukti memberikan efisiensi bagi perusahaan dan produktivitas tetap terjaga.

Baca juga: Konsep Walkability Jadi Tren Baru Hunian Terpadu di Perkotaan

Perubahan ini pun mempengaruhi konsep lifestyle masyarakat mulai memilih ruang terbuka untuk berekreasi dan bersosialisasi, dan juga mempengaruhi meningkatnya minat konsumen akan hunian di tepi laut.

Penelitian yang dilakukan University of Exeter, Inggris, menunjukkan bahwa orang yang tinggal lebih dekat ke laut memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

"Penelitian tersebut menyimpulkan, bahwa mereka yang hidup di sekitar laut memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan kesehatan mental yang lebih baik," kata Hengky Japri, Chief Marketing Officer Citra Swarna Group dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Pariwisata Bali Bangkit, Tingkat Hunian The Nusa Dua Tumbuh 182 Persen di Triwulan I-2022

Perasaan damai dan tenang luar biasa yang kita alami di pantai dapat disebut sebagai ruang biru.

"Ruang itulah yang telah dijuluki oleh para ilmuwan sebagai efek kombinasi antara bau dan suara air yang mendatangkan kebahagiaan di dalam otak kita," katanya.

Seperti dikutip dari laman corespirit.com, disebutkan, "ruang biru" mampu membuat kita merasa amat nyaman, bak dihipnotis.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas