Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PTPN III Siap Melantai di Bursa Akhir Tahun Ini

PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) akhir tahun ini.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PTPN III Siap Melantai di Bursa Akhir Tahun Ini
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (3/1/2022). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Holding BUMN Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) akhir tahun ini.

"Akhir tahun ini mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang, kami bisa IPO," kata Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani di Jakarta, Selasa (20/4/2022) malam.

Menurutnya, langkah perseroan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah dipersiapkan secara rapih, dan bahkan mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mungkin dua minggu lalu saat rapat pimpinan dipimpin Presiden dan Presiden (Jokowi) berikan dukungan untuk ini. Tentu ada langkah berikutnya, spin off dari asetnya, atau Peraturan Pemerintah atau Perpresnya," papar Ghani.

Baca juga: PTPN III Ekspor Teh Rp 7,11 Miliar ke Starbucks

Adapun persiapan yang telah dijalankan dan akan dilakukan perseroan, kata Ghani, mempersiapkan aspek legal, menunjuk konsultan dan melakukan road show ke luar negeri dalam menjaring investor asing.

Baca juga: Kampanye Negatif Sawit RI Tidak Menghambat Investor Asing Beli Saham Perkebunan

"Kalau dalam tata kelola, dalam akuntabilita maka kaitannya transparansi, IPO ini menjadi program Kementerian BUMN karena harapannya seluruh BUMN IPO, maka banyak yang mengawasi, OJK maupun investor," paparnya.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember yang telah diaudit, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) telah menorehkan sejarah atas capaian kinerja keuangannya yang baik.

Baca juga: BEI: IPO GoTo Bisa Tarik Perusahaan Teknologi Lain untuk Melantai di Bursa

Holding perkebunan mampu membukukan laba konsolidasi sebesar Rp4,64 triliun pada 2021.

Pencapaian tersebut meningkat Rp5,73 triliun atau sekitar 500 persen dibandingkan laba perusahaan pada 2020. Saat itu, PTPN Group masih mengalami kerugian sebesar Rp1,14 triliun.

Capaian laba bersih konsolidasian tersebut berasal dari penjualan sebesar Rp53,57 triliun naik 32 persen di atas pencapaian 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas