Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hari Pertama Dimulainya Cuti Bersama, Jumat Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik

Hari ini diprediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran bersamaan dengan hari pertama Cuti Lebaran, Jumat (29/4/2022). 

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Hari Pertama Dimulainya Cuti Bersama, Jumat Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Kendaraan pemudik melintas saat penerapan one way di ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Kebijakan one way dilakukan sejak pagi hari ini dimulai dari KM 47 sampai KM 414 Tol Kalikangkung guna mengurai kepadatan kendaraan pada musim mudik lebaran 2022. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini diprediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran bersamaan dengan hari pertama Cuti Lebaran, Jumat (29/4/2022). 

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi di empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama utama.

Yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).




Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tersebut hari ini diprediksi mencapai 264 ribu kendaraan.

Angka ini naik 26 persen terhadap puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019.

Khusus untuk prediksi kendaraan yang melintasi di GT Cikampek Utama hari ini, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah timur (Trans Jawa) mencapai 131.520 kendaraan.

"Angka ini naik 233 persen dibandingkan dengan periode normal November 2021 sebesar 39.554 kendaraan,” ujar Heru, hari ini.

Kendaraan pemudik melintas saat penerapan one way di ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Kebijakan one way dilakukan sejak pagi hari ini dimulai dari KM 47 sampai KM 414 Tol Kalikangkung guna mengurai kepadatan kendaraan pada musim mudik lebaran 2022. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Kendaraan pemudik melintas saat penerapan one way di ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Kebijakan one way dilakukan sejak pagi hari ini dimulai dari KM 47 sampai KM 414 Tol Kalikangkung guna mengurai kepadatan kendaraan pada musim mudik lebaran 2022. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)
BERITA TERKAIT

Pagi ini pukul 09.00 WIB terpantau sejumlah titik kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Di antaranya Km 48 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan Jalan Layang MBZ serta jelang akses keluar dan masuk rest area Km 57.

Padat Merayap di Km 47

Sementara itu, berdasar pantauan pagi ini pada pukul 09.53 WIB, terlihat arus lalu lintas yang padat merayap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47.

Dari pantauan melalui Google Maps, kemacetan parah terjadi hingga rest area Km 57. Saat ini juga tidak dilakukan rekayasa lalu lintas one way di Km 47 mesti adanya kepadatan volume kendaraan.

Kepadatan yang terjadi di Km 47 tol Jakarta-Cikampek juga memaksa para penumpang kendaraan turun dari kendaraannya untuk sekedar buar air.

Geser Titik Awal One Way

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas