Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Presiden: Kebijakan Ganjil Genap dan One Way Tetap Diberlakukan Saat Arus Balik

Presiden Joko Widodo menyebut puncak arus balik mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei atau pekan ini.

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Presiden: Kebijakan Ganjil Genap dan One Way Tetap Diberlakukan Saat Arus Balik
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, Jum'at (31/5/2019). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik pihak Jasa Marga bekerjasama dengan Dirlantas Jawa Tengah memberlakukan sistem contra flow dari km 426 sampai km 433 ruas Tol Semarang Bawen. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut puncak arus balik mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei atau pekan ini.

"Sekali lagi, Pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan," kata Jokowi dalam siaran langsung yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

Jokowi menambahkan 3 kebijakan soal manajemen lalu lintas ini akan tetap diberlakukan.

Kebijakan itu antara lain ganjil genap, aturan satu arah atau one way, hingga larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. "Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," tandas Jokowi.

Kakorlantas Imbau Warga Kembali Lebih Awal

Kepolisian melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus balik lebaran tahun ini akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022. 

BERITA REKOMENDASI

Dalam rangka menghindari terjadinya kepadatan arus lalu lintas, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengajak masyarakat untuk pulang ke ibu kota lebih awal. 

Baca juga: Sore Ini. Polisi Perpanjang Contra Flow di Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Firman mengimbau masyarakat untuk cerdas memilih tanggal pulang ke Jakarta dan tidak bergantung pada tanggal tersebut.

"Tanggal 6, 7 dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Irjen Firman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/5/2022). 

Baca juga: Ini Jadwal One Way-Contraflow di Tol Kalikangkung Hingga Tol Japek saat Arus Balik Lebaran 2022

Kakorlantas meyakini masyarakat akan terpecah konsentrasi pulang ke Jakarta dan tidak berbarengan pulang pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022.

Kakorlantas berharap dengan pulang lebih awal atau setelah tanggal 9 Mei 2022, lalu lintas akan lebih nyaman. 

"Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," ujarnya. 

Meski begitu, Firman memastikan kesiapan pihaknya untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. 

Firman juga meminta masyarakat untuk mengikuti kebijakan rekayasa lalu lintas dari Polri agar perjalanan arus balik aman dan lancar. "Percayalah, apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas