Tribun Bisnis

Bantuan Langsung Tunai

BSU Rp 1 Juta Kapan Cair? Menaker Sebut Masih Siapkan Aturan, Ini Cara Cek Penerimanya

BSU yang dijanjikan cair April 2022 ternyata belum cair hingga Mei 2022. Lalu, kapan BSU cair? Menaker menyebut masih menyiapkan aturan.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Miftah
zoom-in BSU Rp 1 Juta Kapan Cair? Menaker Sebut Masih Siapkan Aturan, Ini Cara Cek Penerimanya
TRIBUNMANADO/Indri Panigoro
Ilustrasi Uang.BSU yang dijanjikan cair April 2022 ternyata belum cair hingga Mei 2022. Lalu, kapan BSU cair? Menaker menyebut masih menyiapkan aturan. 

TRIBUNNEWS.COM - Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta yang diberikan kepada para pekerja tak kunjung cair hingga Mei 2022.

Padahal, subsidi gaji 2022 itu sempat dijanjikan cair pada April 2022 atau setidaknya sebelum Lebaran.

Masyarakat, terutama mereka yang berpotensi menerima BSU pun bertanya-tanya: kapan BSU Rp 1 juta cair?

Akhirnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah merilis pernyataan yang setidaknya menjadi titik terang pencairan BSU Rp 1 juta.

Baca juga: Kapan BSU 2022 Cair? Berikut Informasi Terbaru dari Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: BSU Rp 1 Juta Belum Cair hingga Lebaran, Ini Penjelasan Kemnaker

Ida Fauziyah menyebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tengah menyiapkan aturan terkait pelaksanaan BSU.

Hal ini diungkapkan politikus PKB itu dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2022 di Surabaya pada Minggu (1/5/2022).

"Saat ini Kemenaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kemenaker melalui akun Instagram resminya, seperti dikutip Tribunnews.com, Kamis (5/5/2022).

Kemnaker menulis, saat ini pihaknya masih menyiapkan sejumlah hal, di antaranya merampungkan regulasi teknis dan pelaksanaan BSU 2022.

Termasuk mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kementerian Keuangan.

"Yang tidak kalah penting adalah me-review data calon penerima BSU 2022 dengan BPJS Ketenagakerjan dan berkoordinasi dengan pihak Himpunan bank negara (Himbara) selaku bank penyalur," tulis akun
@kemnaker.

Kemnaker juga memastikan penyaluran BSU 2022 dapat dilakukan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel serta dengan tata kelola yang baik.

"Jika seluruh tahapan tadi sudah siap, segera kami salurkan ya," lanjut @kemnaker.

Selain itu, akun @kemnaker juga mengimbau agar masyarakat terlebih calon penerima mengikuti media sosial resmi Kemnaker untuk mengetahui perkembangan soal BSU 2022.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas