Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AP II Antisipasi Lonjakan Penumpang Pesawat di Momen Arus Balik Lebaran

Pada fase arus balik Lebaran, pergerakan penumpang yang datang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang berangkat.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in AP II Antisipasi Lonjakan Penumpang Pesawat di Momen Arus Balik Lebaran
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Suasana lalu lalang penumpang domestik di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (8/3/2022). WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Periode puncak arus balik angkutan Lebaran di seluruh bandara PT Angkasa Pura II dimulai sejak Sabtu (7/5/2022) kemarin hingga Senin 9 Mei 2022 esok.

Puncak arus balik Lebaran ini terpusat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada puncak arus balik 7 Mei, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 140 ribu hingga 150 ribu orang.

Kemudian, pada 8 Mei puncak arus balik tertinggi dengan prediksi penumpang di atas 150 ribu orang. Lalu pada 9 Mei berkisar 130 ribu hingga 140 ribu orang.

“Semua harus bisa diprediksi, kita harus bisa antisipasi dengan membuat analisis mitigasi risiko,” ucap Awaluddin, Sabtu (7/5/2022).

“Setiap personel harus memahami betul SOP, fasilitas dan infrastruktur utama harus dalam kondisi prima termasuk fasilitas stakeholder, dan tentunya AP II harus memperhatikan kecukupan dan kecakapan personel," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Pada fase arus balik Lebaran, pergerakan penumpang yang datang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang berangkat.

Awaluddin menyatakan, semua titik layanan termasuk fasilitas di area kedatangan domestik dan internasional dapat mengakomodir tingginya volume penumpang pesawat yang datang.

Baca juga: Arus Balik Lebaran di Kota Bogor Diprediksi Melonjak Malam Ini, Polisi Siapkan Penjagaan

Sehingga memastikan penumpang yang baru mendarat dapat dengan cepat menjalani proses kedatangan dan kemudian meninggalkan bandara untuk menuju ke rumah masing-masing.

"Kita semua bersama-sama menjaga standar pelayanan dan operasional Bandara Soekarno-Hatta serta tentunya protokol kesehatan di tengah pandemi,” pungkasnya.

Berikut kesiapan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta

Parkir pesawat

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan sebanyak 188 parking stand terdiri dari 40 parking stand pesawat berbadan lebar (widebody) dan 148 parking stand pesawat berbadan sedang (narrow body).

Baca juga: Antisipasi Penumpukan di Penyeberangan, Menhub Imbau Pemudik Balik Setelah 8 Mei

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas