Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Antusiasme Warga Paris Belajar Pencak Silat Ramaikan Rangkaian Workshop Shopee Java in Paris

Workshop Pencak Silat ini merupakan rangkaian kegiatan dari program “Shopee Java in Paris” yang membawa ratusan jenis produk UMKM lokal Indonesia

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Antusiasme Warga Paris Belajar Pencak Silat Ramaikan Rangkaian Workshop Shopee Java in Paris
Sumber: Istimewa
Tangkapan layar YouTuber @clem_bule_minang saat ikuti workshop Pencak Silat di Le BHV Marais 

TRIBUNNEWS.COM - Pencak Silat telah dikenal oleh masyarakat mancanegara. Kesenian bela diri asli Indonesia ini pun makin diminati dan Prancis menjadi salah satunya.

Hal ini terlihat dari antusiasme penduduk kota Paris, saat mengikuti Workshop Pencak Silat yang diselenggarakan oleh KBRI Paris pada 18 Juni 2022 lalu, di Le BHV Marais, salah satu department store jaringan Galeries Lafayette, Prancis.

Tak hanya warga lokal, sejumlah turis dan diaspora Indonesia pun hadir meamaikan workshop yang diselenggarakan selama dua jam tersebut.

Baca juga: Bermusik dari Rumah Ala Barsena Sambil Menikmati Diskon di Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale

Salah satu warga Indonesia keturunan Minang, Danil Gustian bersama dengan istrinya yang merupakan warga keturunan Prancis, yaitu Clementine, juga hadir mengikuti rangkaian workshop Pencak Silat ini. YouTuber yang akrab dipanggil Clem Bule Minang atau Pasangan Bule Minang ini mengaku senang dan bangga melihat banyak budaya Indonesia ditampilkan di salah satu department store terbesar di Prancis.

“Kami bahagia dan bangga sekali bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Prancis, ketemu banyak orang Indonesia dan kami bersyukur, terima kasih terbesar besarnya kepada KBRI, Pemerintah Surakarta, Le BHV Marais dan Shopee Indonesia yang mengundang kami untuk hari spesial ini,” ungkap Clementin.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Clem Bule Minang, Clementine mewawancarai seniman muda bela diri Pencak Silat yang mengaku bangga dapat memperkenalkan budaya seni bela diri Pencak Silat di Paris.

“Tentu saya senang dan bangga sekali karena mereka sangat antusias ingin mencari tahu tentang pencak silat. Banyak sekali warga Prancis yang ikut dan tertarik dengan Pencak Silat karena aspek-aspek yang ada dalam bela diri ini termasuk, gerakan-gerakannya,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Sejak tahun 2019, UNESCO mengakui Pencak Silat sebagai warisan budaya. Pencak Silat dianggap sebagai seni bela diri indah yang diiringi musik dan sudah diturun temurunkan dari para leluhur Nusantara. Danil Gustian sendiri juga ikut berpartisipasi langsung dalam workshop Pencak Silat di Le BHV Marais dengan panduan pelatih.

Baca juga: Tak Perlu Modal, Ini Cara Dapat Cuan Lewat Program Shopee Share

Workshop Pencak Silat ini merupakan rangkaian kegiatan dari program “Shopee Java in Paris” yang membawa ratusan jenis produk UMKM lokal Indonesia yang terpilih dan lolos kurasi BHV Marais, dipromosikan dan dijual di pusat perbelanjaan paling terkenal di Paris yaitu Le BHV Marais.

Program yang mengusung tema “Indonesie - De Java, A Bali” ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, BHV Marais, dan Shopee Indonesia, dalam mempromosikan produk kreatif dan budaya Indonesia ke pasar global.

Secara langsung, program ini telah memperkenalkan Indonesia kepada warga Paris sekaligus memberikan nuansa baru bagi Le BHV Marais melalui berbagai aktivitas workshop lewat pertunjukkan seni budaya Nusantara dan berbagai produk UMKM lokal.

Saat berada di BHV Marais, Pasangan Bule Minang juga sempat menemukan banyak produk UMKM lokal berkualitas tinggi seperti pakaian, kain batik, aksesoris, dekorasi rumah dan olahan makanan yang sedang dipamerkan. Clementine juga mengungkapkan bahwa produk UMKM lokal Indonesia diminati oleh warga Prancis.

Saat mewawancarai pihak KBRI Paris, Dethi juga menyampaikan besarnya keingintahuan para warga lokal, “Benar-benar warga sini jadi curious banget karena sepanjang Le BHV Marais, mall paling keren di Paris ini, dipasang bendera Indonesia dan bikin orang penasaran, jadi pada datang.” ujar Dethi.

Baca juga: Ragam Promo Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale Segera Hadir, Beli Gadget Baru Bisa Makin Untung!

Selain workshop Pencak Silat dan ragam produk UMKM lokal, Pasangan Bule Minang dan warga lokal Paris lainnya juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan tari tradisional Indonesia dari Sunda dan Minangkabau.

“Saya tidak menyangka ternyata banyak warga Paris yang tertarik dan suka dengan budaya Indonesia. Ramai sekali di sini,” kata Clementine.

Dethi juga sempat menjelaskan bahwa selama kurang lebih satu bulan (8 Juni - 17 Juli 2022), Le BHV Marais akan menghadirkan produk-produk UMKM asal Indonesia. BHV Marais berlokasi di 52 Rue de Rivoli, 75004 Paris, Prancis dan acara ini bisa dihadiri oleh siapa saja yang ingin membeli produk-produk unggulan UMKM Indonesia, melihat pertunjukan khas Indonesia, serta mengikuti workshop.

Penasaran bagaimana keseruan rangkaian Shopee Java in Paris, langsung saja saksikan melalui link berikut ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas