Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Inilah Daftar Perusahaan dengan Budaya Kerja Terbaik di Indonesia Berdasar Riset Great Place to Work

Perusahaan yang diriset dipilih menggunakan analitik ketat dan respon dari masing-masing karyawan di perusahaan tersebut

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Inilah Daftar Perusahaan dengan Budaya Kerja Terbaik di Indonesia Berdasar Riset Great Place to Work
Shutterstock
Ilustrasi di tempat kerja - Great Place to Work baru-baru ini merilis hasil risetnya seputar budaya tempat kerja di berbagai perusahaan di Indonesia atau Certified dan 10 Best Workplaces terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces Virtual Reveal.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Great Place to Work baru-baru ini merilis hasil risetnya seputar budaya tempat kerja di berbagai perusahaan di Indonesia atau Certified dan 10 Best Workplaces terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces Virtual Reveal. 

Perusahaan yang diriset dipilih menggunakan analitik ketat dan respon dari masing-masing karyawan di perusahaan tersebut yang disampaikan secara rahasia.

Metode yang digunakan sama seperti yang digunakan pada kegiatankurasi perusahaan yang masuk dalam  Fortune 100 Best Companies to Work For  di US dan Fortune World's 25 Best Workplaces. 

Baca juga: Dampak Budaya Kerja yang Ekstrem saat Pandemi, Survei: Karyawan Rentan Alami Gerd dan Dispepsia

Dari riset ini didapati temuan, Cisco Indonesia menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022.

Metodologi Great Place to Work didasarkan pada membangun budaya tempat kerja dengan kepercayaan tinggi yang dapat menjadikan great workplace For All. 

Evelyn Kwek, Managing Director dari Great Place to Work ASEAN & ANZ menjelaskan, The Best Workplaces badge merupakan penghargaan yang diakui secara global dan diberikan kepada perusahaan-perusahaan Certified dengan budaya tempat kerja dengan kepercayaan tinggi dan kinerja tinggi.

BERITA TERKAIT

"Hal ini dievaluasi melalui data Great Place to Work Trust Index survey yang mengukur tiga hubungan utama yang mendorong pengalaman karyawan di tempat kerja mereka, seperti hubungan dengan manajemen, kolega, dan pekerjaan mereka. Trust Index score mewakili persentase karyawan yang menganggap perusahaan mereka sebagai great workplace dan merupakan indikator dari pengalaman kerja mereka yang sebenarnya," ujarnya dalam paparan tertulis kepada Tribunnews, Sabtu (2/7/2022).

Dijelaskan, filosofi dan metodologi Great Place to Work didasarkan pada membangun budaya tempat kerja dengan kepercayaan tinggi yang dapat menjadi tempat kerja yang hebat untuk semua orang.

Hal ini berarti bahwa perusahaan harus melampaui ekspektasi dan manfaat ketika berpikir untuk membangun brand perusahaan yang kuat. "Semua tentang membangun hubungan yang berkualitas dan karyawan memiliki pengalaman kerja yang positif secara konsisten," kata Evelyn Kwek.

Baca juga: Jadi Korban Kekerasan di Tempat Kerja? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Wawasan dari data Trust Index survey dan pengajuan Culture Audit menunjukkan bahwa perusahaan dalam daftar Best Workplaces menonjol sebagai dampak dari hal berikut: mereka memberi karyawan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk tumbuh secara profesional dan berkembang di tempat kerja.

Mereka memungkinkan manajemen untuk terhubung secara teratur dengan karyawan, dan mereka membangun kepercayaan antara manajemen dan karyawan melalui kata-kata dan tindakan mereka.

Contohnya adalah ketika perusahaan-perusahaan ini menunjukkan semangat, antusiasme, dan tekad yang kuat untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat dari para pemimpin, manajer, dan karyawan yang menunjukkan sikap kolektif dengan tetap terhubung, saling mendukung, dan bekerja sama sebagai sebuah tim, yang memungkinkan mereka untuk muncul lebih kuat bersama di era new normal pasca pandemi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas